Home / Berita / Literasi Waskita Realty : Konsep Hunian Co-living

Literasi Waskita Realty : Konsep Hunian Co-living

Co-living atau konsep berbagi ruang hunian merebak sebagai solusi tempat tinggal di kota-kota besar di dunia; salah satunya adalah Seoul. Sebuah co-living apartment di Seoul terwujud dari tumpukan micro-apartement. Treehouse, demikian nama apartemen yang arsitekturnya didesain oleh Bo-Daa.

Treehouse, yang berada di salah satu kawasan hunian termahal di Seoul, dirancang setinggi 6 lantai. Tiap micro-apartment-nya dirancang dalam denah yang berbeda-beda sehingga menghasilkan variasi luasan 16.5, 23, dan 33 meter persegi.

Yang menjadi sorotan, Bo-Daa merancang ruang berbagi yang cukup luas pada Treehouse dengan membagi dua bangunan berbentuk prisma segitiga ini. Di garis tengah, tempat atrium berada, pohon-pohon besar ditempati memenuhinya dan dapat terlihat berkat kaca-kaca yang menyelimuti fasad bagian ini.

Atrium hijau dikelilingi dengan area kerja, penyimpanan tersembunyi, serta fasilitas bersama seperti binatu, dapur, taman hewan peliharaan, yang juga dikreasikan agar menjadi tempat yang fleksibel untuk pertemuan dadakan ataupun acara komunitas.

Di sisi selatan bangunan, potongan di profil miring menciptakan roof terrace di lantai lima dan area untuk untuk duduk-duduk di bawah sinar matahari.

Jendela pada fasad selatan membantu menciptakan efek tumpukan untuk ventilasi atrium pusat, melepaskan udara panas yang terpendam dan menarik angin ke taman.

Sumber Waskita Realty, edit koranbumn

Check Also

5 Prioritas Presiden Jokowi, Masa Lima Tahun ke Depan

Presiden Joko Widodo menyampaikan lima aspek yang menjadi prioritas dalam periode kedua pemerintahannya sepanjang 2019 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *