Home / Berita / Literasi Waskita Realty : Memilih Arsitek atau Desainer

Literasi Waskita Realty : Memilih Arsitek atau Desainer

Arsitek maupun desainer interior hunian memegang peran utama dalam tercapainya hunian idamanmu.

Namun, nama terkenal atau karyanya ada dimana-mana belum tentu cukup menjadi kriteria dalam menentukan arsitek maupun desainer untuk rumahmu.

Inilah hal-hal yang harus  di pertimbangkan dalam memilih arsitek atau desainer untuk membantumu menciptakan hunian yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus impianmu.

1. Portfolionya
Semakin berpengalaman seorang arsitek, pasti portofolionya semakin kaya, baik dari segi kuantitas, maupun kualitas. Bagaimana bentuk-bentuk bangunan yang pernah dia desain sebelumnya? Apakah sesuai dengan seleramu? Kamu bisa perhitungkan dari sini.

2. Kepribadian
Pilihlah arsitek yang kepribadiannya cocok dengan kepribadian Anda. Ingatlah bahwa mempekerjakan arsitek tidak sama dengan mempekerjakan tukang ledeng. Anda tidak cuma berhubungan dengan dia selama satu dua hari lalu selesai. Cara termudah ialah melihatnya dari media sosialnya.

3. Cara Kerja Timnya
Kamu dapat menanyakan secara detail bagaimana biasanya dia bekerja, mulai dari mana, apa saja yang akan dia lakukan, kapan deadline-nya, hingga ke hal yang paling penting, yaitu berapa fee-nya. Biasanya arsitek tersebut akan mengajukan penawaran yang di dalamnya tertera tahapan-tahapan pekerjaan lengkap dengan produk apa saja (gambar / maket / video) yang akan dia berikan, deadline, dan fee untuk masing-masing tahap.

4. Testimoni Klien
Tidak ada pendapat yang lebih bisa kamu percaya dibandingkan dengan pendapat para klien yang sebelumnya pernah bekerja dengan arsitek tersebut. Seorang klien yang puas akan dengan senang hati memberikan penilaian-penilaian positif mengenai arsitek tersebut.

5. Chemistry
pada akhirnya yang menentukan tepat/tidaknya arsitek tersebut untuk Anda adalah chemistry antara Anda dengan sang arsitek. Memilih arsitek mungkin ada sedikit kesamaannya dengan memilih pacar. Anda bisa punya beberapa kriteria tertentu, tetapi pada akhirnya “chemistry”-lah yang menyatukan Anda berdua.

Sumber Waskita Realty, edit koranbumn

Check Also

Pekerjaan Saluran Air Tembus Headrace Tunnel, Konstruksi Proyek PLTA Jatigede Capai 70 Persen

Pekerjaan top heading excavation atau penggalian saluran air di Headrace Tunnel PLTA Jatigede 2×55 MW sepanjang 2.218,73 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *