Home / Berita / Market Share Turun, Laba Meningkat di Semester I

Market Share Turun, Laba Meningkat di Semester I

Ketatnya persaingan di industri persemenan dalam negeri membuat market share Semen Indonesia mulai tergerus. Meski demikian, ada beberapa capaian positif yang diraih oleh perusahaan yang bermarkas di Gresik ini.

Menurut SVP of Sales Semen Indonesia Mufti Arimurti, market share hingga bulan Juni mengalami tekanan cukup besar. “Hingga bulan Juni market share kita adalah 38,7 persen. Angka ini turun sekitar 2,5 persen daripada tahun lalu 41,3 persen,” ungkapnya saat presentasi dalam Workshop Action Plan Semester II Sales Regional 2, di Gedung Pusat Pelatihan Semen (PPS), Senin (23/7).

Meski market share turun, namun lanjutnya, laba yang diraih hingga bulan Juni kemarin melebihi target. Semen Indonesia mencatat laba Rp 922 miliar dari target Rp 600 miliar.

Capaian lainnya adalah kemampuan untuk menekan biaya promosi. Mufti menyatakan, pihaknya mampu menekan biaya promosi yang sangat besar. “Tahun kemarin, untuk Semen Gresik saja kita keluarkan Rp 318 miliar. Sedangkan labanya mencapai Rp 1,7 triliun,” jelasnya.

Ia juga menekankan kepada bagian penjualan untuk tak pantang menyerah dalam menghadapi tantangan yang dihadapi oleh Semen Indonesia. “You are not selling product but yourself”.Anda tidak sedang menjual produk, tapi Anda menjual diri sendiri,” ujar Mufti.

“Anda sebenarnya menjual diri Anda sendiri. Kalau kita tidak bersemangat, Anda malas berjualan, itulah cerminan diri Anda,” ungkapnya. Menurut Mufti, kalimat ini memiliki makna yang tinggi. Jika kita tidak bersemangat, malas dalam menjual, maka cerminan itu ada dalam diri kita.

Sementara, GM of Distribution Management Semen Indonesia Ahmad Zulkarnain mengatakan, supply chain management (SCM) akan mendukung apa saja yang akan dijual di region 2.

“Kami akan mendistribusikan sampai ke titik-titik yang direncanakan untuk dijual. Supaya tidak ada kelangkaan di titik-titik jual. Biasanya dalam perjalanan apa yang kita rencanakan ada perubahan-perubahan,” katanya. Ia meminta agar berkoordinasi di lapangan. Terutama saat high season dan peak season.(riz)

Sumber Situs Web Semen Indonesia

Check Also

Pusri Beri Bantuan Korban Musibah Kebakaran Kertapati

Sebagai bentuk kepedulian terhadap musibah kebakaran yang menimpa warga Kelurahan Ogan Baru Kecamatan Kertapati, Pusri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *