Home / Berita / Memahami Relief Candi Prambanan

Memahami Relief Candi Prambanan

Relief candi Prambanan menggambarkan kekayaan fauna (satwa). Kalau dicermati di relief di kaki candi – khususnya di enam candi utama (Candi Siwa, Wisnu, Brahma, Nandi, Angsa dan Garuda) dan dua Candi Apit – ada berbagai motif fauna yang naturalistik.

Menurut Moertjipto dan Bambang – dalam bukunya “Mengenal Candi Siwa Prambanan dari dekat” – motif fauna ini hanyalah pendukung motif lainnya, seperti motif suluran (flora) dan motif Prambanan. Motif fauna ini begitu natural, sehingga ahli biologi (khususnya burung) bisa mengidentifikasinya, setidaknya sampai tingkat genus atau familinya menurut klasifikasi binatang secara ilmiah.

Jenis fauna yang paling banyak adalah dari golongan aves (burung) dan mamalia. Burung-burung yang bisa “diamati” di relief candi adalah merak (Pavo sp.), ayam hutan (Gallus sp.), cangak (Ardea sp.), kuntul (Egretta sp.), gemak (Turnix sp.), Kakatua (Caccatua sp. ), Buceros sp., Gagak (Cervus sp.), Merpati (Columbidae), dan Cekakak (Halcyonidae). Burung-burung ini digambarkan sangat menarik dengan berbagai jenis perilakunya. Misalnya merak sedang melakukan tarian percumbuan, atau cangak sedang makan ikan. Burung-burung ini berpasangan berada kanan-kiri tajuk pohon Kalpataru, yang di bawahnya ada juga jenis burung lain atau binatang menyusui.

Ditemukannya beberapa jenis burung di relief Candi Prambanan telah menimbulkan beberapa pertanyaan yang menarik. Misalnya saja relief burung kakatua. Burung ini bukan hanya sebagai pengapit motif Prambanan, tetapi juga dibuat berjajar tidak terputus di atas motif tersebut.

Sumber TWC, edit koranbumn

Check Also

Hari Kartini, Pertamina Salurkan Modal Bergulir senilai Rp 275 juta kepada Perempuan Pelaku UMKM di Sumatera Utara

Menyambut Hari Kartini pada hari ini, 21 April 2019, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *