Home / Berita / Memasuki Babak Baru Era Kendaraan Listrik

Memasuki Babak Baru Era Kendaraan Listrik

Kendaraan listrik mulai menunjukkan daya tariknya bagi sektor otomotif di Tanah Air. Sejak pemerintah memutuskan untuk mengembangkan program peningkatan penggunaan energi ramah lingkungan dan menekan penggunaan energi fosil di Indonesia, produsen otomotif yang memproduksi kendaraan listrik makin banyak, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Kekhawatiran pemerintah tentang penggunaan energi fosil di Indonesia bukan tanpa sebab. Pasalnya, pada awal 2019, Greenpeace dan IQ AirVisual merilis hasil studi yang menyebutkan bahwa Ibu Kota Indonesia, DKI Jakarta, berada di daftar puncak kota paling berpolusi di Asia Tenggara pada 2018.

Hal ini akhirnya membuat pemerintah dan publik menyadari bahwa tingkat polusi akibat kendaraan bermotor harus ditangani semaksimal mungkin. Kehadiran kendaraan listrik bisa menjadi alternatif solusi untuk mencegah penambahan emisi yang mencemari udara dan lingkungan hidup.

Pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIEXPO Kemayoran yang digelar sejak Kamis (25/4) hingga Minggu (5/5), salah satu produk motor listrik karya anak bangsa untuk pertama kalinya diperkenalkan dan dipasarkan secara luas. Produk tersebut adalah motor listrik Gesits.

PT PLN (Persero) yang turut berpartisipasi dalam event tersebut, bersinergi de­ngan Gesits memberi­kan promo bundling Free Charging Motor selama 1 bulan bagi 500 pembeli pertama motor listrik buatan Indonesia di Pameran IIMS tersebut. Selain itu, PLN juga memberikan diskon tambah daya langsung sebesar 75% yang berlaku bagi seluruh pembeli motor listrik Gesits.

Promo program itu sebenarnya tidak hanya berlaku untuk pembeli motor listrik Gesits, tetapi untuk semua pelanggan PLN tarif rumah tangga di seluruh Indonesia. Program yang dinamakan Promo Menembus Batas ini memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan diskon tambah daya mulai dari 75% hingga 100% atau gratis.

Kris Cahyono, Senior Manager ­Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, yang turut hadir pada pembukaan pameran IIMS, Kamis (25/4), me­nyatakan bahwa promo ini berlaku hingga tanggal 31 Desember 2019.

Cara mendapatkan diskon ini sangat mudah, yaitu dengan menunjukkan bukti pembelian produk kompor induksi atau kepemilikan kendaraan listrik ke kantor PLN area terdekat atau di stan (booth) pelayanan PLN yang dibuka di Pameran IIMS hingga 5 Mei 2019.

Untuk jenis kendaraan listrik, katanya, juga berpengaruh terhadap besaran diskon yang akan didapatkan oleh pelanggan. “Pelanggan yang memiliki motor listrik atau kompor induksi bisa mendapatkan diskon 75%. Diskon tambah daya 100% atau gratis diberikan ke pelanggan pemilik mobil listrik.” Hal itu sebagai cara PLN agar konsumen tertarik untuk menggunakan kendaraan dan kompor listrik.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Bank Indonesia Proyeksikan Ekonomi Digital Sebagai Masa Depan Indonesia

Bank Indonesia (BI) menganggap ekonomi digital sebagai masa depan Indonesia. Selain itu, ekonomi digital juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *