Home / Berita / Mengatasi Kerugian Kemacetan, Pemerintah Bangun LRT Jabodebek.

Mengatasi Kerugian Kemacetan, Pemerintah Bangun LRT Jabodebek.

Kemacetan lalu lintas di Jakarta dan sekitarnya berdampak pada berbagai kerugian di Indonesia. Diantaranya penurunan kualitas kehidupan masyarakat dan kerugian ekonomi yang tidak sedikit.

Menurut Laporan JICA untuk rencana induk transportasi terintegrasi Jabodetabek, dalam setahun kerugian akibat kemacetan di Jakarta mencapai Rp65 triliun. Kerugian ini disebabkan oleh biaya langsung yang meliputi tambahan waktu perjalanan dan tambahan bahan bakar. Bila dihitung dengan nominal, kerugian akibat tambahan waktu perjalanan mencapai Rp36,9 triliun dan kerugian akibat tambahan bahan bakar mencapai Rp28,1 triliun. Tambahan waktu perjalanan yang dimaksud seperti menghabiskan waktu di perjalanan sehingga tidak tepat waktu dan kehilangan bisnis. Sementara itu, biaya tidak langsung umumnya merupakan kenaikan harga barang atau jasa.

Untuk mengatasi kerugian akibat kemacetan, pemerintah mempertimbangkan pembangunan transportasi massal, LRT Jabodebek. LRT Jabodebek dikonsepkan untuk dapat memindahkan sekitar 200 orang dari 177 mobil ke dalam satu gerbong LRT. Dengan fasilitas yang akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, LRT Jabodebek diyakini mampu mengurai kemacetan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Sumber ADHI, edit koranbumn

Check Also

Hari Kartini, Pertamina Salurkan Modal Bergulir senilai Rp 275 juta kepada Perempuan Pelaku UMKM di Sumatera Utara

Menyambut Hari Kartini pada hari ini, 21 April 2019, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *