Home / Berita / Menhub Akui Bandara Baru Yogyakarta Belum Laik Beroperasi, Tidak Sesuai yang Dijadwalkan akan Operasi Perdana 7 April 2019

Menhub Akui Bandara Baru Yogyakarta Belum Laik Beroperasi, Tidak Sesuai yang Dijadwalkan akan Operasi Perdana 7 April 2019

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui Bandara Baru Yogyakarta atau Bandara New Yogyakarta International Airport belum laik beroperasi dalam waktu dekat. Sebelumnya, bandara ini dijadwalkan beroperasi perdana pada 7 April 2019.

Menurut Budi Karya, ada beberapa hal yang belum selesai di bandara yang berlokasi di Kulon Progo, Yogyakarta, tersebut. Beberapa di antaranya seperti pengecekan keamanan dan pelayanan. Tapi dia enggan membeberkan lebih lanjut.

Budi Karya tidak menampik hasil temuan dari Ombudsman RI terkait kelaikan bandara ini. Pihaknya pun harus melakukan verifikasi terlebih dulu sebelum bandara ini beroperasi yang dijadwalkan pada 4-6 April 2019.

“Belum. Belum selesai. Iya (masalahnya) banyak. Ya mungkin sama dengan itu (temuan Ombudsman). Pokoknya ada, iya (soal keamanan dan pelayanan),” kata dia saat ditemui di sela-sela acara seminar dan dialog nasional “Milenial Indonesia dalam Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0” di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Rabu (3/4).

Hasil investigasi Ombudsman, ada 15 temuan yang membuat Bandara Baru Yogyakarta ini tidak bisa beroperasi pada 7 April 2019.

Temuan tersebut antara lain terkait akses menuju Bandara Baru Yogyakarta yang hanya ada akses tunggal melalui Jalan Purworejo-Yogyakarta. Selain itu juga terkait masalah fasilitas terminal hingga alat navigasi yang dinilai belum sempurna.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengakui belum bisa mengoperasikan bandara sesuai jadwal semula, tapi harus menunggu hasil verifikasi selesai. Saat ini, progres pengerjaan bandara tersebut baru 50 persen.

Tapi, dia optimistis bandara ini tetap bisa beroperasi pada akhir bulan ini. Dia mengklaim Bandara Baru Yogyakarta sudah cukup untuk menerbangkan wisatawan terutama mancanegara ke dalam dan ke luar Indonesia.

“Karena kan bandara ini akan selesai 100 persennya di akhir 2019. Di April ini baru selesai sebenarnya 50 persen tapi sudah bisa dimanfaatkan untuk penerbangan internasional,” ucapnya.

sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

INALUM Leadership Camp I Batch 1

INALUM kembali menunjukkan kepeduliannya dalam sektor pendidikan. Sekitar 100 mahasiswa dari 3 Perguruan Tinggi Negeri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *