Home / Berita / Menhub Minta Menteri BUMN Dapat Beri Harga Khusus Tiket Garuda untuk Mudik

Menhub Minta Menteri BUMN Dapat Beri Harga Khusus Tiket Garuda untuk Mudik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau Menteri BUMN Rini Soemarno agar meminta PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. memberikan harga tiket khusus pada masa mudik Lebaran 2019.

Pernyataan itu disampaikannya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/5/2019), seusai mengikuti rapat terbatas membahas persiapan menghadapi Idulfitri 2019.

“Saya mengimbau kepada Ibu Menteri BUMN untuk meminta Garuda memberi harga khusus selama Lebaran. Kalau [harga tiket pesawat] Garuda turun, diikuti maskapai lain,” kata mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini.

Pada saat ini, ujar Budi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan Ombudsman sedang mengkaji apakah tarif batas atas pesawat bisa diturunkan.

“Saya berkonsultasi saja, ada undang-undang yang dilanggar enggak. Saya belum firm. Kalau dilihat dengan kecenderungan masyarakat menginginkan itu [harga tiket turun], saya rasanya punya kewenangan untuk menurunkan itu, di UU ada. Tapi saya tidak ingin ada satu aturan tidak governance. Oleh karenanya saya perlu konsultasi,” tuturnya.

Atas persoalan ini, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian berencana menggelar rapat koordinasi (rakor) membahas harga tiket pesawat. Rakor itu akan melibatkan Kemenhub, Kementerian BUMN dan Garuda Indonesia.

Seperti diketahui, masyarakat terus mengeluhkan tingginya harga tiket pesawat selama beberapa bulan terakhir.

Ditemui terpisah usai mengikuti rapat yang sama, Jumat (3/5), Rini menyatakan harga tiket Garuda Indonesia selama ini tidak melewati batas tarif yang ditentukan oleh Kemenhub. Dengan demikian, menurutnya, situasi seharusnya normal.

Sumber Bisnis, edit kroanbumn

Check Also

Wujud Kepedulian Pendidikan, Jamkrindo Salurkan Bantuan PKBL Berupa Taman Bacaan di SD Labuan Banten

Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan, Perum Jamkrindo secara berkelanjutan memberikan bantuan di bidang pendidikan, salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *