Home / Berita / Menteri Budi Karya Soemadi Pastikan Jakarta-Cikarang Utama Jadi Satu Arah Masa Mudik

Menteri Budi Karya Soemadi Pastikan Jakarta-Cikarang Utama Jadi Satu Arah Masa Mudik

Menteri Perhubungan Budi Karya Soemadi memastikan sejumlah rekayasa lalu lintas bersifat massif akan dilakukan dalam melancarkan arus mudik Lebaran 2019.

Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) menyatakan Jabar merupakan lintasan mudik utama. Untuk itu, Kemenhub bersama Kakorlantas Polri sudah membahas penerapan rekayasa maksimal, terutama dari arah Jakarta menuju Tol Cikampek

“Diskusi panjang sampai penerapan ganjil genap di segmen tertentu,” terang Budi Karya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Angkutan Lebaran 2019 tingkat Jawa Barat (Jabar) di Gedung Sate, Bandung, Selasa (7/5/2019).

Namun, akhirnya pihaknya memutuskan untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas yang diterapkan pada 2018. Pada masa mudik Lebaran tahun lalu, arah Jakarta-Brebes menjadi satu arah untuk kendaraan pemudik.

“Tahun ini, Jakarta sampai Cikarang Utama. Kapasitas akan meningkat pesat dan kecepatan juga meningkat,” ujarnya.

Kemenhub meminta agar informasi ini disampaikan secara luas ke masyarakat agar kelancaran arus lalu lintas bisa terjadi. Dinas Perhubungan (Dishub) di wilayah Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, dan Cirebon juga diminta untuk memberdayakan jalur non tol, yakni Pantura.

“Kalau ada pasar tumpah, dari sekarang sudah dikelola dengan baik. [Tol] Sudah satu arah, untuk sebaliknya [ke arah Jakarta] menggunakan Pantura,” jelas Budi Karya.

Selain itu, Kemenhub akan fokus pada keselamatan pemudik agar masyarakat bisa mudik dengan lebih baik dan nyaman.

sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

4 Pembangkit Energi Baru untuk Papua

Perusahaan Lisrik Negara menetapkan empat pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) untuk Provinsi Papua dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *