Home / Berita / Menteri Budi Karya Sumadi Perkirakan Puncak Arus Mudik Terjadi pada Jumat, 31 Mei 2019

Menteri Budi Karya Sumadi Perkirakan Puncak Arus Mudik Terjadi pada Jumat, 31 Mei 2019

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada Jumat, 31 Mei 2019. Dengan demikian, masyarakat diimbau untuk mudik sebelum atau sesudah tanggal 31 Mei 2019 guna mengurangi kepadatan arus lalu lintas.

Pernyataan itu disampaikan oleh Budi Karya seusai menghadiri rapat terbatas membahas persiapan menghadapi Idulfitri 2019 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Budi Karya memperkirakan masa libur sebelum Lebaran jatuh pada 30 Mei sampai 4 Juni 2019. Dengan demikian, terdapat waktu 6 hari untuk mudik, khususnya yang menggunakan jalur darat

“Kalau mereka tidak menumpuk dalam satu hari, praktis kemacetan tidak terjadi. Makanya kita mengimbau, mulailah tanggal 30 (Mei) pulang, karena 30 (Mei) libur kan, bahkan 29 (Mei) malam sudah mulai pulang. Itu sepi,” kata Budi.

Budi Karya berharap mudik pada 2019 lebih baik karena pembangunan infrastruktur, termasuk jalan tol, sudah diselesaikan dengan baik.

Budi Karya menekankan bagaimana manajemen waktu di lapangan berlangsung dengan baik dan terkoordinasi. Di samping itu, Budi menghimbau masyarakat menggunakan angkutan massal untuk mudik. Salah satunya adalah bis dan kapal laut.

“Dalam hal angkutan, memang angkutan individu masih banyak terutama mobil dan motor. Saya sampaikan juga, motor diimbau tidak digunakan, kita sarankan untuk pakai mudik gratis (menggunakan bus) karena motor sangat bahaya, 75 persen kecelakaan itu karena motor, tahun lalu turun 30 persen , kami akan kampanye lebih intensif agar itu lebih turun,” kata Budi.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Pertamina EP Lakukan Tanggap Darurat Karhutla

PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) sekaligus kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *