Home / Berita / Menteri Darmin Tawarkan Pesawat Buatan PT DI ke Argentina

Menteri Darmin Tawarkan Pesawat Buatan PT DI ke Argentina

Pemerintah Indonesia menawarkan pesawat terbang produksi PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI ke pemerintah Argentina. Pesawat itu diharapkan bisa menjadi armada cadangan pesawat jenis yang sama di Argentina.

Hal tersebut merupakan salah satu penawaran kerja sama dalam pertemuan Wakil Presiden Argentina, Gabriela Michetti, beserta delegasi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pada hari ini, Rabu (8/5).

Menurut Darmin, pesawat perusahaan BUMN yang ditawarkan ke pemerintah Argentina tersebut yakni pesawat jenis CN 212 dan N 219. Pemerintah Argentina pun menyambut baik terkait penawaran tersebut.

“Katanya (Wakil Presiden Argentina) besok ke PT Dirgantara Indonesia mau lihat pesawat,” kata Darmin saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (8/5).

Selain menawarkan pesawat terbang buatan PTDI, Darmin mengatakan pemerintah juga menjajaki perluasan akses pasar di Argentina bagi produk Indonesia, diversifikasi jenis produk ekspor, dan pengurangan hambatan perdagangan.

Sebab neraca perdagangan bilateral Indonesia dengan Argentina masih defisit di pihak Indonesia, yaitu sebesar USD 1,5 miliar, melebar 35,02 persen dibanding 2017. Adapun total perdagangan Indonesia dengan Argentina mencapai USD 1,68 miliar.

“Defisit itu dikarenakan hambatan perdagangan tarif dan nontarif, isu dumping, konektivitas dan kendala bahasa,” jelas Darmin.

Dia menambahkan, pemerintah Indonesia juga tengah menjajaki pembentukan kerja sama perdagangan bebas dengan Asosiasi Perdagangan Negara-Negara Amerika Selatan atau Mercosur.

“Saya juga ingin mengundang pengusaha Argentina untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia. Event ini untuk memfasilitasi pertemuan bisnis langsung pengusaha antar negara,” katanya.

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

Wujud Kepedulian Pendidikan, Jamkrindo Salurkan Bantuan PKBL Berupa Taman Bacaan di SD Labuan Banten

Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan, Perum Jamkrindo secara berkelanjutan memberikan bantuan di bidang pendidikan, salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *