Home / Berita / Menteri Rini M. Soemarno Dorong Pertamina Transformasi Secara Digital pada Operasional Migas

Menteri Rini M. Soemarno Dorong Pertamina Transformasi Secara Digital pada Operasional Migas

Menteri BUMN Rini M. Soemarno mendorong PT Pertamina (Persero)  untuk terus bertransformasi secara digital dalam menekan biaya dan mengefisienkan operasional migas di seluruh lini bisnisnya.
.
“Dulu di sektor hulu itu banyak pengadaan sendiri-sendiri. Akhirnya biaya operasional menjadi sangat tinggi. Dengan desentralisasi ini dan terlihat dari pusat serta mengikuti prosedur yang ada, Insya Allah Pertamina akan semakin efisien,” ujar Menteri Rini dalam acara Pertamina Digital Expo 2019 di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (29/8/2019). .

Menteri Rini menjelaskan, teknologi digital milik Pertamina ini bisa mengetahui jumlah cadangan minyak dan gas yang berada di blok-blok di Pertamina serta membantu menghasilkan produk-produk yang bisa menekan impor minyak. .

Di sisi lain, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno berpendapat bahwa kolaborasi teknologi digital dalam sektor migas memang sudah lazim diterapkan seperti yang dilakukan Repsol dengan Google dan Chevron dengan Microsoft.
.
“Selama ini saya melihat bahwa Pertamina susah memulai berkolaborasi dengan BUMN lain, seperti Telkom dalam Digitalisasi SPBU dan pengembangan program loyalti melalui MyPertamina, yang telah disempurnakan dengan alat pembayaran LinkAja. .

Namun saya mengharapkan dan mendorong agar bentuk-bentuk ekosistem digital ini terus dikembangkan, tidak hanya meningkatkan value bagi perusahaan BUMN, namun juga memberikan dampak yang signifikan bagi negara dalam era industri 4.0 ini,” tutur Fajar Harry.
.
Ia pun berharap Pertamina mampu untuk terus beradaptasi dengan kecepatan perkembangan inovasi teknologi digital dan menjadi kebanggaan bangsa.

Sumber Kementerian BUMN, edit koranbumn

Check Also

Pesan Presiden Jokowi ke Erick Thohir, “BUMN Ekspansi ke Pasar Modal”

Presiden Joko Widodo punya pesan khusus untuk menteri baru yang menangani Badan Usaha Milik Negara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *