Home / Berita / Menteri Rini Resmikan Gedung Baru Kementerian BUMN

Menteri Rini Resmikan Gedung Baru Kementerian BUMN

Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan gedung baru Kementerian BUMN. Adapun peresmian gedung itu merupakan bagian dari puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Kementerian BUMN ke 21.

Sekretaris Kementerian BUMN, Imam Apriyanto Putro, menyampaikan bahwa gedung baru ini merupakan renovasi bangunan sebelumnya. Adapun renovasi mulai dilakukan sejak pertengahan 2018.

“Pada dasarnya apa yang kita lakukan perbaikan gedung, pembaharuan casing gedung ‎adalah tonggak menyatukan kompleks BUMN,” ujarnya saat peresmian di Kementerian BUMN, Jakarta, Minggu (5/5).

Dia menjelaskan, renovasi dilakukan pada bangunan eksisting gedung Kementerian BUMN di atas lahan seluas 1,5 hektare dengan total luas facade bangunan mencapai 15,68 meter persegi. Gedung ini terdiri dari 22 lantai.

Menurut Imam, pekerjaan proyek ini memiliki tantangan tersendiri. Sebab selama pekerjaan konstruksi berlangsung, bangunan eksisting diminta tetap digunakan untuk aktivitas perkantoran.

“Alhamdulillah pelaksanaan renovasi tidak ada kecelakaan kerja yang berarti. Pengerjaan ini dikerjakan WIKA Gedung,” kata Imam.

Dia pun mengungkapkan, nantinya di kawasan kantor Kementerian BUMN akan dibangun commercial center.‎ Commercial center itu akan menyediakan coworking space, hingga berbagai sarana olahraga.

“Nanti ada sarana olahraga basket, badminton, futsal, dan mungkin nanti bola pingpong. Ini tidak melibatkan pembiayaan dari APBN,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri BUMN, Rini Soemarno, mengungkapkan gedung Kementerian BUMN merupakan gedung bekas Garuda Indonesia. Adapun gedung itu dibeli oleh Kementerian BUMN di tahun 1980-an.

“‎Gedung ini tahun 1980-an dibeli dari Garuda untuk membantu keuangan Garuda. Kayak saya yang usianya di atas 60 tahun biar segar dikit pakai make up. Gedung ini kemudian direnovasi,” ucapnya.

Dia pun bersyukur puncak HUT Keme‎nterian BUMN pada tahun ini bisa digelar di Jakarta. Sebab rangkaian acara HUT Kementerian BUMN tahun ini digelar di luar kota karena khawatir bernuansa politis.

“Alhamdulillah kemarin di pinggir-pinggir (rangkaian HUT Kementerian BUMN), alhamdulillah sekarang di Jakarta,” ucapnya.

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

Wujud Kepedulian Pendidikan, Jamkrindo Salurkan Bantuan PKBL Berupa Taman Bacaan di SD Labuan Banten

Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan, Perum Jamkrindo secara berkelanjutan memberikan bantuan di bidang pendidikan, salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *