Home / Berita / Menteri Rini Tegaskan, Jalan Tol di Indonesia Tidak Bisa Digratiskan Begitu Saja

Menteri Rini Tegaskan, Jalan Tol di Indonesia Tidak Bisa Digratiskan Begitu Saja

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menegaskan, jalan tol di Indonesia tidak bisa digratiskan begitu saja. Sebab, ada investasi yang perlu dikembalikan dari setiap jalan tol yang dioperasikan oleh BUMN atau swasta.

“BUMN ini kan tolnya ini terkait dengan investasi, kita kan pinjam uang, ya enggak bisa dong,” kata Rini, di Komplek Istana, Jakarta, Selasa (26/2).

Rini menanggapi langkah negara tetangga Malaysia yang menggratiskan sejumlah ruas jalan tol. Rini memastikan bahwa Indonesia tak akan mengikuti langkah negeri Jiran itu.

“Kita tetap sebagai investor, apakah itu BUMN atau swasta. Jalan tol juga banyak dibangun swasta, Astra punya, Malaysia juga punya di Indonesia. Mereka enggak bisa bebasin. Mereka banyak jalan tol dengan pinjaman, otomatis kita harus membayar pinjaman itu kembali,” kata Rini.

Pemberian hak konsesi dengan periode tertentu, kata Rini, menjadi modal BUMN dan swasta mengembalikan dan investasi yang sudah dikeluarkan untuk membangun jalan tol.

Sementara, soal kemungkinan menggratiskan jalan tol setelah masa konsesi habis, Rini menyebut keputusan tersebut ada di tangan Kementerian PUPR.

“Kalau Kementerian BUMN tidak bisa, enggak ada dasarnya BUMN, karena semua dari cost, investasinya memutuskan Kementerian PUPR,” kata dia.

sumber Kontan, edit koranbumn

Check Also

Jumlah Ideal Masih Dipelajari, OJK Pertimbangkan Batasi Jumlah P2P Lending terdaftar

Bisnis fintech peer to peer lending semakin bertumbuh sejak pertama industri ini diatur oleh Otortitas Jasa Keuangan (OJK) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *