Home / Berita / Menteri Rini Tinjau Pabrik Pengolahan Gabah di Sentral Pengolahan Beras Terpadu

Menteri Rini Tinjau Pabrik Pengolahan Gabah di Sentral Pengolahan Beras Terpadu

Menteri Rini Soemarno meninjau pabrik pengolahan gabah di Sentral Pengolahan Beras Terpadu (SPBT)/ Rice Milling Unit (RMU) di Desa Taringgulandeuh, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat pada Jumat (26/04/2019). RMU Desa Taringgulandeuh merupakan salah satu dari 3 RMU di Purwakarta yang dibangun PT Bank Tabungan Negara (BTN).

RMU Kecamatan Kiarapedes berkapasitas produksi 1,5 ton per jam dan mampu menampung gabah sebanyak 40-50 ton. Gabah diambil dari petani-petani di Purwakarta dan sekitarnya mampu mengasilkan beras dengan kualitas baik (super slip) dengan kapasitas produksi sebesar 6-6,5 ton per hari. Kompleks RMU dikelola secara profesional oleh Gapoktan Bersama. Beras yang dihasilkan selanjutnya dijual di kisaran Rp 11.000 dengan offtaker dari BUMDes Bersama.

Selain RMU, Bank BTN juga menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Pemerintah Daerah Purwakarta untuk mengembangkan pertanian organik terintegrasi. Integrasi tersebut dimulai dari proses pratanam hingga pasca panen.

Sumber Kementerian BUMN, edit koranbumn

Check Also

Kampus Indonesia Masuk Peringkat Universitas Terbaik ASEAN versi THE

 The Times Higher Education baru saja merilis Peringkat Universitas Dunia 2020 yang mencakup hampir 1.400 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *