Home / Berita / Menuju Destinasi Gastronomi Dunia

Menuju Destinasi Gastronomi Dunia

Strategi pengembangan Wisata Kuliner adalah melalui National Foods, Destinasi Berstandar Global, dan 100 Mitra Resto Diaspora. Kini Ubud Gianyar bakal menjadi Destinasi Gastronomi berstandar UNWTO, dan ini merupakan aplikasi dari Strategi Destinasi Wisata Berstandar Global.

Ada tiga tahapan penting dalam proses mengangkat Ubud menjadi destinasi gastronomi dunia. Pertama, inventarisasi aset dan atraksi gastronomi termasuk memetakan kesiapan industri dan pelaku usaha yang kemudian dibukukan dalam sebuah laporan dan diajukan ke UNWTO.

Kedua, penilaian oleh UNWTO dan dilakukan kick off proses verifikasi dan analisis melalui metode yang cukup detail termasuk wawancara kepada semua stakeholders gastronomi, Food and Beverages, produsen, hotel, restoran, chefs, inisiator food festival, pemerintah daerah, penyedia transportasi, akademisi, dan wisatawan lokal juga asing. .
Ketiga, rekomendasi yang perlu diterapkan dan dilakukan oleh stakeholders untuk kemudian dilakukan penilaian kedua yang dijadwalkan awal Agustus 2019. .

Untuk dapat dinyatakan sebagai prototipe, terdapat 5 kriteria standar untuk Destinasi Gastronomi UNWTO di antaranya adalah lifestyle, local products, culture & history, story behind the food, nutrition & health. Penerapan standar ini penting karena akan membuat standar benchmarking bagi Indonesia dan target setelah Bali akan segera diduplikasikan ke JogloSemar dan Bandung.

Sumber Menpar, edit koranbumn

Check Also

Pupuk Indonesia Bersama KPK Gelar Roadshow Internalisasi Budaya Anti Gratifikasi

Menggalakkan kampanye Anti Gratifikasi di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *