Home / Berita / Menuju Penggunaan B30 pada Kendaraan Darat

Menuju Penggunaan B30 pada Kendaraan Darat

Setelah sukses mengimplementasikan B20 (penggunaan Bahan Bakar Nabati untuk campuran solar sebesar 20%), Pemerintah kini tengah menyiapkan uji coba penggunaan biodiesel 30 (B30) pada kendaraan darat.

Indonesia merupakan satu-satunya negara yang menggunakan B20. Kesuksesan yang telah dicapai dalam pengimplementasian B20, diharapkan dapat diteruskan pada bahan bakar B30 nantinya. Untuk mempersiapkan B30, Pemerintah akan menyiapkan uji coba atau uji jalan terlebih dahulu. Uji coba tersebut akan melalui berbagai macam uji standar internasional yang dikawal berbagai pihak, antara lain Kementerian ESDM, BPPT, Aprobi, Gaikindo, dan Pertamina.

Setelah mandatori biodiesel ditetapkan sejak 2016, dari tahun ke tahun produksi dan pemanfaatan biodiesel terus meningkat. Konsumsi domestik diharapkan meningkat. Keberhasilan implementasi B20 ini tak lepas dari upaya Pemerintah memberikan insentif dana Sawit untuk menutup selisih antara Harga Indeks Pasar (HIP) Biodiesel dengan HIP Solar.

Sumber ESDM, edit koranbumn

Check Also

INALUM Leadership Camp I Batch 1

INALUM kembali menunjukkan kepeduliannya dalam sektor pendidikan. Sekitar 100 mahasiswa dari 3 Perguruan Tinggi Negeri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *