Home / Berita / Meriahkan HUT ke-74 RI di Sulbar, BUMN Lakukan Kegiatan Bertema Lingkungan dan Sosial

Meriahkan HUT ke-74 RI di Sulbar, BUMN Lakukan Kegiatan Bertema Lingkungan dan Sosial

Dalam rangka melaksanakan program “BUMN Hadir untuk Negeri”, rangkaian kegiatan telah disiapkan BUMN untuk memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia (RI) di Sulawesi Barat. Selain akan menggelar upacara Pengibaran Bendera Memperingati HUT ke-74 RI, Sabtu 17 Agustus 2019, di Pulau Karampuang, Mamuju, BUMN pun akan melaksanakan bakti sosial tranplantasi karang di pulau yang memiliki keidahan biota bawah lautnya itu.

Tak hanya itu, di momentum HUT ke-74 RI ini juga BUMN yang diwakili oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI), PT Perkebunan Nusantara III (Persero) (PTPN III), Perum Perhutani (Perhutani), dan PT Kawasan Industri Makassar (Persero) (KIMA) akan menyerahkan bantuan panel listrik tenaga surya untuk penerangan dermaga di destinasi wisata kota Mamuju itu.

Direktur SDM dan Umum RNI J. Nanang Marjianto, menjelaskan kegiatan upacara di Pulau Karampuang ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air serta sebagai bentuk penghormatan terdap jasa para founding father yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Menurut Nanang, Pulau Karampuang sendiri dipilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan karena merupakan salah satu destinasi ikonik dengan gugusan terumbu karang yang indah. Selain itu, BUMN juga memiliki misi untuk mengibarkan merah putih di lokasi-lokasi terluar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Semoga dengan BUMN menggelar kegiatan di sini dapat berkontribusi memperkenalkan keindahan provinsi Sulawesi Barat dan meningkatkan rasa cinta tanah air warganya,” ungkap Nanang, Jumat 16 Agustus 2019, di Mamuju.

Selain deretan kegiatan di atas, BUMN juga bakal menghelat jalan sehat bersama masyarakat Mamuju pada 18 Agustus 2019 dimana RNI yang mendapat tugas sebagai BUMN pelaksana. “Kegiatan Jalan Sehat akan diisi dengan hiburan, pembagian door prize, festival kulener tradisional, pameran Mitra Binaan BUMN, serta berbagai kegiatan sosial seperti pemeriksaan kesehatan gratis, pangan murah, dan aksi bersih-bersih kota. Selain itu akan diserahkan juga bantuan berupa kelengkapan museum dan perangkat kebersihan kompleks rumah adat Mamuju, ” ungkap Nanang.

Kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri sendiri merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kementerian BUMN. Tahun ini merupakan tahun ke-5 (lima) kegiatan yang melibatkan seluruh BUMN di 34 Provinsi ini di gelar. RNI bersama PTPN III, Perhutani, dan Kima akan menggelar seluruh rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Sulawesi Barat.

Ragam kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian BUMN terhadap kehidupan sosial masyarakat, khususnya di Sulawesi Barat. “Ini merupakan tanggungjawab sosial BUMN sebagai wujud nyata kehadiran BUMN di tengah-tengah masyarakat. Harapan kami seluruh kegiatan yang digelar bisa berdampak positif bagi masyarakat,” ujar Nanang.

Sekilas PT RNI

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) merupakan BUMN yang bergerak di empat bidang usaha, yaitu agroindustri, farmasi dan alat kesehatan, perdagangan dan distribusi serta properti. Saat ini PT RNI sebagai perusahaan induk memiliki 12 Anak Perusahaan. Dalam bidang agro-industri, PT RNI memiliki dan mengelola 9 pabrik gula yang tersebar di Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Timur, perkebunan sawit dan perkebunan teh serta beberapa pabrik pengolahan produk hulu dan samping berbasis tebu. Di bidang perdagangan dan distribusi, PT RNI memiliki anak perusahaan dengan cabang-cabang yang terdapat di kota besar seluruh Indonesia. Di bidang farmasi dan alat kesehatan meliputi pabrik obat, pabrik alat suntik dan kondom.

Sumber RNI, edit koranbumn

Check Also

MA Lantik Lima Calon Anggota BPK Periode 2019-2024

Mahkamah Agung (MA) akan melantik lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang sebelumnya telah menjalani serangkaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *