Home / Berita / Monitoring dan Evaluasi Berkala di 4 Wilayah

Monitoring dan Evaluasi Berkala di 4 Wilayah

KPK terus mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan penertiban aset bermasalah melalui program pencegahan korupsi terintegrasi. Salah satunya dilakukan dengan memfasillitasi penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama (MoU) antara pemerintah daerah dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD), Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kantor wilayah DJP di 4 wilayah sekaligus.

Kegiatan berlangsung terpisah dalam rangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) berkala pada 19-23 Agustus 2019. 4 Wilayah tersebut adalah Kalimantan Utara, Bali, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo.

Fokus utama kerja sama dengan BPN adalah untuk mendorong percepatan proses sertifikasi tanah pemerintah; koneksi host to host untuk pajak bumi bangunan (PBB) dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB); penggunaan data bersama zonasi nilai tanah (ZNT); dan pendaftaran tanah sistemik lengkap.

Sedangkan, kerja sama dengan BPD adalah dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah melalui implementasi aplikasi online sebagai alat perekaman pajak daerah yang akan dipasang pada wajib pungut pajak hotel, restoran, hiburan, dan parkir. Melalui aplikasi tersebut diharapkan pajak daerah dapat dipantau secara real time dan dapat digunakan sebagai alat rekam untuk mencegah terjadinya kebocoran pajak.

Sementara, fokus kerja sama dengan Kanwil DJP adalah terkait pertukaran data wajib pajak, sehingga terdapat sinkronisasi dan saling kontrol antara pajak nasional dengan pajak daerah.

KPK juga menggandeng instansi penegak hukum lain, yaitu Kejaksaan dan Kepolisian untuk bersama-sama mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di daerah. Salah satunya terkait manajemen aset daerah.

Sumber KPK, edit koranbumn

Check Also

Pupuk Indonesia Bersama KPK Gelar Roadshow Internalisasi Budaya Anti Gratifikasi

Menggalakkan kampanye Anti Gratifikasi di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *