Home / Berita / Mulai Jadwal Keberangkatan 1 September 2019, Reservasi KA Lokal Hanya dapat Dipesan Online

Mulai Jadwal Keberangkatan 1 September 2019, Reservasi KA Lokal Hanya dapat Dipesan Online

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengeluarkan siaran pers terkait reservasi tiket Kereta Api Lokal pada Kamis (22/8/2019). Disebutkan bahwa mulai keberangkatan 1 September 2019, pelayanan reservasi tiket KA Lokal hanya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.

“Penjualan tiket KA Lokal di loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian secara Go-Show (mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan) apabila tempat duduk masih tersedia,” tulis keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (22/8/2019) malam.

Lebih lanjut, PT KAI menegaskan, reservasi KA Lokal melalui KAI Acces dapat dilakukan mulai H-7 hingga lima menit sebelum jadwal keberangkatan.

KA Lokal yang masuk dalam kategori ini adalah KA Kalijaga, Pandanwangi, Lokal Merak, Walahar Ekspres, Jatiluhur, Cilamaya Ekspres, Siliwangi, Bandung Raya Ekonomi, Lokal Cibatu, Kedung Sepur, Bhatara Kresna, Solo Ekspres, Prambanan Ekspres, Sidomukti, KA Bandara YIA, Ekonomi Lokal (Daop 8), Jenggala, Dhoho, Dhoho-Penataran, Tumepel, Penataran-Dhoho, Penataran, KRD Ekonomi (Daop 8).

Adapun KA Lokal di luar jawa adalah Sri Lelawangsa, Cut Meutia, Lembah Anai, Sibinuang, Minangkabau Ekspress, Kertalaya, Seminung/Way Umpu.  Khusus untuk KA Kalijaga dan KA Pandanwangi, reservasi bisa dilakukan sejak H-30 atau satu bulan sebelum keberangkatan.

Aplikasi KAI Access sendiri bisa diunduh melalui Google Play dan App Store. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki KAI Access tetapi tidak bisa melakukan reservasi tiket KA Lokal, diharapkan untuk segera mengupdate KAI Access versi terbaru.

“Untuk melakukan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang harus mengupdate aplikasi KAI Access-nya menjadi versi terbaru,” tulis pihak PT KAI dalam siaran persnya.

“Lalu masuk ke menu Local Train untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jadwal keberangkatan KA,” sambung keterangan tersebut.

Dengan cara ini, nantinya penumpang yang telah membeli tiket KA Lokal via KAI Access, tidak perlu lagi mencetak boarding pass di stasiun. Para calon penumpang cukup menunjukkan E-Boarding Pass yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat boarding.
Dalam siaran persnya tersebut, PT KAI juga mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut dikeluarkan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna.

Dengan kemudahan ini, calon penumpang bisa memesan tiket dari mana pun dan kapan pun tanpa perlu mengantre di stasiun. “Dengan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke stasiun, dapat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, serta mendapatkan kepastian tiket tanpa perlu antre di stasiun,” tegas mereka.

Sumber KAI, edit koranbumn

Check Also

Menteri Rini M Soemarno Apresiasi Perkembangan Proyek yang Dikerjakan Krakatau Steel

Kunjungan Menteri BUMN Rini M. Soemarno kemarin masih membekas kepada insan Krakatau Steel. Menteri Rini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *