Home / Berita / NSM Pertamina 2019: Go Retail, Go Digital, Go Co Customer

NSM Pertamina 2019: Go Retail, Go Digital, Go Co Customer

”Sales Force adalah unit yang menghasilkan revenue dan sebagai tulang punggung masa depan perusahaan, oleh karena itu seorang sales harus pintar dan memiliki semangat tinggi, karena di era kompetisi ini nasib sebuah perusahan itu di tentukan oleh kemampuan para sales marketingnya” ucapan itu ditegaskan oleh Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero) Mas’ud Khamid di depan sekitar 300 Sales force Pertamina baik Sales Executive Retail dan Gas Domestic Pertamina seluruh Indonesia dalam acara National Sales Meeting 2019 (NSM) di Hotel Alana Yogyakarta (1/2).

Mas’ud Khamid kembali menegaskan bahwa tantangan kedepan khususnya dalam bisnis retail memang luar biasa dan Pertamina memerlukan para pekerja yang memiliki integritas, loyalitas dan semangat untuk berkompetisi.

“Challenges Pertamina kedepan adalah similar product, substitution product dan asymmetric competition” katanya.

Masud Khamid menjelaskan bahwa Pertamina sudah siap dengan berbagai strategi seperti yang menjadi tema dalam NSM yang berlangsung selama 2 hari tersebut yakni strategy program Go retail, Go Digital, Go Co Customer.

Go Retail, Pertamina sudah sinergi dengan BUMN dan kementerian desa untuk penetrasi pasar ke desa dengan program One Village one Pertashop di tahun 2019, Pertamina juga sinergi dengan BUMN pengelola jalan tol, membangun SPBU di tol Trans Nasional, selain itu Pertamina juga melakukan penjajagan SPBU Green energy yang menggunakan technology solar cell dan memberikan pelayanan charging untuk mobil listrik.

Go Digital, Pertamina akan melakukan instalasi system instrumentasi pengukuran stok di tanki timbun dan sales disetiap Nozzle /SPBU yang bekerjasama dengan sinergi BUMN yakni Telkom dengan pola manage service.

Go Customer, sebagaimana kita rasakan bahwa trend market saat ini mengarah pada digital customized service, untuk itu Pertamina sudah melakukan pengembangan digital channel melalui platform e-payment/cashless payment, melalui My Pertamina kita melakukan profiling customer , Upselling, Cross Selling antar produk Pertamina atau BUMN lainnya, Pertamina juga akan mengaktifkan customer care center 135 untuk menjawab setiap kebutuhan pelanggan seperti keluhan dan kebutuhan Pertamina akan produk produk Pertamina.

“Kami tentu berharap dengan strategi tersebut Pertamina akan terus tumbuh di tengah persaingan yang luar biasa, sehingga sesuai bait terakhir di jingle Pertamina bahwa melalui Pertamina kita akan membawa Indonesia mendunia” tutup Mas’ud khamid.
Sementara itu SVP Retail Marketing Business PT. Pertamina (Persero) Jumali selaku ketua penyelenggara mengatakan bahwa NSM ini merupakan event yang sudah dilakukan secara rutin setiap tahun, namun kalau tahun tahun sebelumnya dilaksanakan per fungsi maka tahun ini menjadi satu untuk bisa menyamakan satu visi.

“NSM bertujuan melakukan upaya evaluasi apa yang dicapai ditahun 2018 sehingga kita mempunyai lesson learn apa yang akan kita jalankan di tahun 2019, selain itu kita juga akan menetapkan program kerja 2019 sehingga program dan tagret yang sudah ditetapkan tercapai dengan baik , apalagi ditahun politik ini dan makin banyaknya pemain di sektor retail jadi kita harus fight.

Peserta NSM ini melibatkan seluruh unsur sales force mulai dari Direksi, SVP, VP seluruh GM dan seluruh Sales Force Nasional termasuk back officenya. Acara NSM diisi dengan agenda pengarahan dan motivasi dari Direktur Pemasaran Retail, dan Overview dari berbagai unit bisnis retail, juga sharing session tentang perkembangan teknologi dalam dunia bisnis dari Google.

Sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

Implementasi Transformasi Digital, Angkasa Pura II Percepat Peningkatan Standar Operasional dan Pelayanan Bandara

PT Angkasa Pura II (Persero) mengklaim telah menjalankan transformasi digital selama tiga tahun terakhir guna …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *