Home / Berita / Pabrik Gula Olean Jadi Heritage Pergulaan Dunia

Pabrik Gula Olean Jadi Heritage Pergulaan Dunia

Keunikan pabrik gula Olean, apa saja yang membuatnya disebut sebagai pabrik gula terunik di dunia

Didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda di Situbondo pada 4 Agustus 1846 dengan nama Venoot Schap Phaiton Olean dengan kapasitas terpasang sebesar 1.000 tcd, merupakan pabrik gula dengan kapasitas terkecil di dunia dan masih aktif hingga sekarang. Hal ini yang membuat PG Olean menjadi Pabrik Gula terunik di dunia.

PG Olean masih menggunakan crusher, yakni alat pekerjaan pendahuluan untuk mencacah tebu.  Teknologi tersebut paling kuno bila dibanding dengan pabrik gula lainnya yang tidak menggunakannya.

Selain itu Pabrik Gula Olean masih menggunakan teknologi mesin uap sebagai penggerak mesin. Memiliki mesin uap dari Stork, Werkspoor, dan Fijenoord yang digerakkan oleh delapan boiler di ruang bawah tanah untuk menyediakan uap bagi semua mesin tersebut. –

Karena lokasi boiler dibawah tanah tersebut sehingga dikenal sebagai sebagai ketel pendem. Pabrik gula umumnya menggunakan boiler tekanan tinggi, beberapa diantaranya masih menggunakan boiler bertekanan menengah. Hanya PG Olean saja yang menggunakan boiler tekanan rendah. Rutinnya dilakukan maintenance membuat mesin tersebut masih bisa dioperasikan sampai dengan saat ini.

Sumber PTPN 11, edit koranbumn

Check Also

5 Prioritas Presiden Jokowi, Masa Lima Tahun ke Depan

Presiden Joko Widodo menyampaikan lima aspek yang menjadi prioritas dalam periode kedua pemerintahannya sepanjang 2019 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *