Home / Berita / Pabrik KSO antara PTPN IX dengan SIL Lakukan Penyulingan Perdana Pabrik Minyak Atsiri Serai

Pabrik KSO antara PTPN IX dengan SIL Lakukan Penyulingan Perdana Pabrik Minyak Atsiri Serai

Sejalan dengan transformasi bisnis yang sedang dilakukan PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX) dengan program diversifkasi usaha komoditas minyak atsiri dengan bahan baku serai wangi pada hari Rabu (20/3/2019) telah dilaksanakan penyulingan perdana di pabrik yang terletak di Unit Kebun Siluwok – Batang oleh Direksi PTPN IX dan PT Sinkona Indonesia Lestari (PT SIL)

Pabrik tersebut hasil Kerjasama Sama Operasional (KSO) antara PTPN IX dengan PT Sinkona Indonesia Lestari. PT SIL merupakan anak perusahaan dari PT Kimia Farma (Persero) Tbk, dan PTPN VIII. Usaha KSO berlangsung selama 5 tahun  dengan  investasi  alat destilasi dari PT SIL yang memiliki kapasitas pengolahan 3 ton bahan baku.

Iryanto Hutagaol – Direktur Utama PTPN IX dalam sambutannya menyampaikan Pabrik KSO penyulingan minyak atsiri serai wangi ini merupakan buah sinergi BUMN yang terus menerus berkarya demi menciptakan nilai tambah. Direktur Utama berharap pabrik akan menghasilkan keuntungan yang berkelanjutan bagi kedua belah pihak.

Ida Rahmi selaku Direktur Utama PT SIL dalam kesempatannya berharap pabrik yang telah dibangun dapat beroperasi dan dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang baik dan sesuai standard, sehingga ke depan akan membuka peluang – peluang baru pengembangan produk untuk mengikuti selera pasar.

Selain itu Kerja Sama Operasional (KSO) dengan PT SIL dalam pemasarannya berpeluang membuka pasar ekspor dan diharapkan penjualan bisa dilakukan langsung kepada pembeli minyak atsiri di luar negeri sehingga memangkas harga perantara yang selama ini ada di domestik.

Melihat prospek dan perkembangannya, serai wangi telah dikembangkan penanamannya ke 14 unit kebun yang dimiliki oleh PTPN IX di Jawa Tengah, dan pada tahun 2019 luas serai wangi sebesar 806,17 Ha dengan target pendapatan RKAP sebesar 52 Milyar.

 

Sumber PTPN IX,edit koranbumn

Check Also

Waskita Infrastruktur Siap Bangun Dua Pembangkit Mikrohidro Kapasitas 61 MW

PT Waskita Karya Infrastruktur, anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk., siap membangun dua pembangkit …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *