Home / Berita / PAL Indonesia Ikut Serta Program Vokasi Industri

PAL Indonesia Ikut Serta Program Vokasi Industri

PT PAL Indonesia (Persero) telah turut ambil bagian dalam program pendidikan vokasi yang link and match antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan industri, sejak digulirkan pada tahun 2017 oleh Kementerian Perindustrian.

Kegiatan Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri pada kamis 7 Pebruari 2019 di Wilayah Jawa Timur oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang ke-2 kali ini bertempat di PT SIER (Surabaya Industrial Estate Rungkut) sekaligus sebagai tuan rumah. Hadir Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto beserta jajaran pejabat Kementerian Perindustrian lainnya, dengan kegiatan meliputi penandatanganan perjanjian kerjasama antara Industri dengan SMK dan pameran inovasi produk SMK.

PT PAL Indonesia (Persero) turut berpartisipasi dan hadir dalam penandatanganan kerja sama tersebut, penandatanganan dilaksanakan oleh Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh dengan 7 SMK di Jawa Timur.

Adapun bantuan yang diberikan adalah memfasilitasi praktek kerja industri bagi siswa, pemagangan industri bagi guru sesuai dengan program keahlian, penyelarasan kurikulum di SMK, penyediaan sarana prasarana praktek kerja industri dan pemagangan (workshop, laboratorium, training center, teaching factory), dan mengeluarkan sertifikat telah mengikuti praktek kerja industri atau pemagangan industri.

Kerja Sama ini adalah bentuk bantuan dari industri untuk mewujudkan dan mengembangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis kompetensi yang sesuai dan selaras (link and match) dengan industri, dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

Menurut Menperin, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, fokus pembangunan nasional pada tahun ini adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas setelah gencar melakukan berbagai pembangunan infrastruktur. “Oleh karenanya, meningkatkan SDM yang kompeten, perlu dilaksanakan program pendidikan dan pelatihan vokasi secara lebih giat,” tuturnya.

Sumber PAL Indonesia, edit koranbumn

Check Also

Penghambat Investasi Rp700 Triliun MulaiDibenahi BKPM

Permasalahan investasi yang mandek sebesar Rp700 triliun mulai dibenahi satu per satu oleh Badan Koordinasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *