Home / Berita / Para Diaspora ‘Balik Kampung’ Kumpul di Jakarta

Para Diaspora ‘Balik Kampung’ Kumpul di Jakarta

Diaspora Indonesia dipertemukan dalam perhelatan Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta. Sejumlah narasumber yang juga pernah menjadi diaspora dalam perhelatan ini antara lain Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil hingga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memeriahkan perhelatan dua tahunan ini. Mereka adalah sosok-sosok yang pernah atau masih berkiprah di luar negeri di berbagai bidang.

Kegiatan berlangsung di Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta, Sabtu (10/8) mulai pukul 14.00. Dalam sambutannya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut, diaspora memiliki peran yang penting, utamanya dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia ke depan.

“Diaspora yang bertalenta dunia harus kita beri dukungan agar memberi kontribusi besar bagi percepatan pembangunan,” kata Menlu Retno di Jakarta, Sabtu (10/8/2019).
Apalagi, kata dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan kepada jajaran stakeholder terkait mengenai dukungan kepada diaspora.

Kongres yang berlangsung pada 10-11 Agustus 2019 inimempertemukan Diaspora Indonesia untuk berdiskusi mengenai isu dan tantangan pembangunan Sumber Daya Manusia dari berbagai sektor, baik itu dari sisi ekonomi, politik, sosial, dan budaya yang dimana tujuan akhir dari konferensi ini akan berfokus pada penguatan peran Diaspora Indonesia dalam peningkatan kualitas SDM. 

Menteri Kabinet Kerj juga turut menjadi pembicara. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, misalnya berbicara mengenai “Diaspora Perspective: Steps for Indonesia To Thrive In The Era of Industrial Revolution 4.0”sedangkan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro berbicara mengenai topik “Diaspora Perspective: Developing Indonesia’s Human Capital for the Future”.Beberapa diaspora yang hadir dan jadi pembicara antara lain Putri Tanjung, Cinta Laura, Iwan Sunito, Bima Arya, Gerald Eman, Bambang Susantono, Dino Patti Djalal dan banyak lainnya.

Sumber CNBC, edit  koranbumn

Check Also

Pupuk Indonesia Bersama KPK Gelar Roadshow Internalisasi Budaya Anti Gratifikasi

Menggalakkan kampanye Anti Gratifikasi di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *