Home / Berita / Pariwisata dan Transformasi Digital

Pariwisata dan Transformasi Digital

“Pariwisata dan Transformasi Digital” adalah tema global untuk peringatan Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day yang jatuh pada hari ini, 27 September 2018.

Selama enam dekade belakangan, sektor pariwisata di seluruh dunia terus melesat, menjadikannya sebagai sektor ekonomi yang paling cepat berkembang dan paling vital dewasa ini dimana pendapatan dari sektor pariwisata secara global mencapai 1260 trilyun USD di 2015 dan merepresentasikan 1 dari 10 pekerjaan dunia.

Menurut UNWTO, sektor pariwisata akan terus tumbuh sampai 3-6% setiap tahunnya sampai tahun 2030.

Di era digital ini, kesempatan meningkatnya sektor pariwisata semakin besar, termasuk untuk pariwisata di Indonesia. Dengan munculnya tsunami teknologi digital, berbagai inovasi bisnis dan kewirausahaan yang mentransformasi penyelenggaraan praktik pariwisata di Indonesia menjadi tidak terelakkan, mulai dari aplikasi destinasi pariwisata, pemutakhiran sistem reservasi akomodasi ataupun transportasi, transaksi keuangan dan kemunculan media sosial yang berperan dalam visual experience sharing, berdampak pada viralitas destinasi pariwisata Indonesia.

Dengan perkembangan teknologi, reformasi layanan dan kebijakan transformatif dalam konektivitas dan akses masuk wisatawan, diharapkan pencapaian target Indonesia untuk 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 dapat tercapai.

ITDC sebagai BUMN pengembang pariwisata di Indonesia sangat memahami potensi pariwisata Indonesia dan perkembangan tren pariwisata dan perilaku wisatawan, oleh karenanya ITDC terus mengoptimalkan kawasan pariwisata yang berstandar internasional dan menekankan pada keseimbangan sosial, budaya, lingkungan maupun kepentingan bisnis. Selamat hari Pariwisata Dunia, Semoga pariwisata Indonesia semakin mendunia!

Sumber In ITDC

Check Also

Pelatihan Manajemen Masjid BNI Syariah

BNI Syariah berusaha mengembangkan Pelatihan Manajemen Masjid di berbagai kota besar di seluruh Indonesia. Melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *