Home / Berita / Pasar Ikan Modern Muara Baru akan Diresmikan Presiden Jokowi

Pasar Ikan Modern Muara Baru akan Diresmikan Presiden Jokowi

Tidak mudah mengubah pola pikir manusia. Apalagi pola pikir yang terbentuk akibat kebiasaan selama lebih dari 25 tahun.

Ya, ini terkait mindset pedagang ikan di pasar ikan tradisional PPI Muara Baru di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudara Nizam Zachman, Jakarta Utara. Pasalnya, mengubah pola pikir ini sama saja dengan mengubah tata cara, kebiasaan hingga mengubah budaya.

Kendati begitu, Tim Pelabuhan Perum Perindo di bawah komando VP Pelabuhan Dri Suatmaji dan Tim Cabang Jakarta Perum Perindo yang dipimpin oleh GM Cabang Jakarta Eko Hadriyadi Usodo berhasil melaksanakan proses pemindahan pedagang dari pasar ikan tradisonal ke pasar ikan modern (PIM) Muara Baru dengan lancar.

Apa yang terbesit dalam kepala mendengar istilah Pasar Ikan Modern? Pasti bertolak belakang dengan istilah Pasar Ikan Tradisional. Pasar Ikan Modern atau PIM ini menawarkan pasar yang bersih, nyaman, terjamin, tidak becek, tidak bau, hingga penggunaan layanan cashless dalam melakukan transaksi pembayaran.

Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda menyatakan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim Pelabuhan Perum Perindo dan Cabang Jakarta Perindo karena merealisasikan proses pemindahan pedagang dengan tertib. Adapun hari pertama uji coba operasional Pasar Ikan Modern berjalan dengan lancar pada Minggu, 17 Februari 2019.

“Ini mungkin pemindahan pedagang dari pasar lama ke pasar baru yang paling lancar di seluruh Indonesia,” katanya.

Menilik beberpa histori relokasi pedagang ke pasar baru kerap menimbulkan polemik dan gejolak antara para pedagang dengan pemangku kepentingan.

Lancarnya proses relokasi, lanjut Risyanto, akan diingat sebagai salah satu tonggak bersejarah untuk memodernisasi Muara Baru sebagai pusat perikanan Indonesia dan dunia.

Pasar Ikan Modern rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Februari 2019. Pasar Ikan Modern merupakan proyek milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikelola oleh Perum Perindo.

PIM dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp150 miliar. Bangunan berlantai tiga ini dibangun pada Februari 2018 oleh BUMN kontraktor PT PP (Persero) Tbk.

PIM terdiri dari 894 kios basah (wet market) dan 155 kios kering (dry market). Fasilitas lain yang terdapat di PIM yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM , ruang pertemuan dan masjid.

PIM beroperasi mulai pukul 16.00 WIB hingga 00.000 WIB. Pasar ini dikenal sebagai grosirnya ikan. Pedagang pengecer dari Jabodetabek, Banten, Sukabumi hingga Lampung belanja ikan di PPI Muara Baru, yang kini pedagangnya telah menempati pasar yang baru (modern).

Di sini konsumen dapat membeli berbagai jenis ikan. Ada udang, cumi, gurita, sotong, tuna, tongkol, cakalang, bandeng, jambal dan banyak lainnya. Pembeli juga dapat meminta ikan segarnya untuk diolah langsung menjadi masakan untuk disantap di food court lantai 3.

Sumber Perum Perindo,edit koranbumn

Check Also

Jasa Marga Selenggarakan Pelatihan dan Pembekalan Bagi Milenial

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar pelatihan dan pembekalan bagi para kaum milenial melalui workshop …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *