Home / Berita / Pelindo 1 Berangkatkan Peserta Mudik Gratis BUMN Gunakan Kapal Laut

Pelindo 1 Berangkatkan Peserta Mudik Gratis BUMN Gunakan Kapal Laut

Menjelang lebaran Idul Fitri, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 berangkatkan rombongan penumpang mudik gratis via Kapal laut pada, Jumat 31 Mei 2019 di dua Pelabuhan yakni, Pelabuhan Batu Ampar, Batam dan Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang. Pelepasan penumpang program mudik gratis Pelindo 1 dibuka secara langsung oleh General Manager Pelindo 1 Cabang Batam Pasogit Satrya Simanungkalit, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun dan Walikota Batam Muhammad Rudi.

Pelindo 1 memberangkatkan 906 rombongan mudik gratis keberangkatan pertama dengan menggunakan KM Kelud dengan rute Batam-Belawan yang diinisiasi oleh Pelindo 1 diseluruh kawasan operasional Pelindo1 yakni, Aceh, Sumatera Utara, Riau serta Kepulauan Riau. Sedangkan keberangkatan kedua dijadwalkan pada Kamis, 2 Juni 2019 dengan kapal KM Kelud tujuan Belawan dengan penumpang sebanyak 1.594 orang.

GM Pelindo 1 Cabang Batam, Pasogit satrya menjelaskan bahwa ini kali pertama Pelindo 1 melaksanakan program mudik gratis via laut di Batam.  “Pada tanggal 31 Mei 2019, Pelindo 1 memberangkatkan pemudik via laut di Batam yang kemudian nanti pada tanggal 2 Juni akan diberangkatkan kembali dengan rute yang sama. Kami berharap ini akan banyak membantu masyarakat Batam dalam melakukan tradisi mudik ke kampung halaman menjelang Idul Fitri. Saya ucapkan selamat berlebaran untuk para penumpang,  semoga para rombongan mudik gratis ini sampai ke tujuan dengan selamat dan bertemu dengan keluarga dan dapat melepaskan rindu dengan sanak saudara di sana,” ujar Pasogit.

Pasogit juga menambahkan semoga program mudik ini terus  berlanjut di tahun berikutnya dan berharap antusias masyarakat pada program ini terus meningkat. “Semoga program mudik gratis ini akan terus berlanjut di tahun berikutnya dan kami siap memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, kami berharap antusias masyarakat pada program ini akan meningkat di tahun berikutnya”, tambah Pasogit.

Selain itu, di waktu yang sama Pelindo 1 juga menggelar pelepasan mudik gratis di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang. Pelindo 1 melepas 220 penumpang  via Kapal Dumai Express dengan tujuan Tanjung Balai Karimun – Selat Panjang – Bengkalis dan Dumai. Tidak hanya ke pulau besar saja, Cabang Pelabuhan Tanjung Pinang juga memberangkatkan rombongan mudik gratis ke beberapa pulau terpencil melalui kapal yang telah disediakan Pelindo 1. Perjalanan menuju pulau terpencil ini bertujuan untuk memenuhi permintaan banyak penumpang program mudik gratis yang berasal dari daerah tersebut.

Pada tanggal 31 Mei 2019, melalui Terminal Penumpang Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang memberangkatkan Kapal Mv. Super Jet yang membawa 201 dengan tujuan Cempa – Dabo Singkep, Kapal MV. Gembira membawa 106 penumpang dengan tujuan Pulau Bukit – Pulau Duyung – Tajur Biru – Tanjung Resun – Sei Tanam – Senayang – Pancur, Kapal MV. Istiqomah membawa 92 orang dengan tujuan Galang – Sebae – Maribung – Pulau Patah – Moro – Tanjung Batu, serta Kapal MV. Lintas Kepri dengan membawa 128 orang tujuan Benan – Rejai – Sei Tenam – Tanjung Kelit – Pulon – Jago Daek.

Cabang PelabuhanTanjung Pinang juga dijadwalkan memberangkatkan rombongan penumpang program mudik gratis pada  tanggal 1 dan 2 Juni 2019. Keberangkatan 1 Juni 2019 akan memberangkatkan Kapal Dumai Express yang membawa 110 Penumpang tujuan Tanjung BalaiKarimun – Selat Panjang – Bengkalis – Dumai serta Kapal MV Arena II yang membawa 101 penumpang dengan tujuan Mensanak – Tajur Biru – Senayang – Pancur. Sedangkan pada 2 Juni 2019, Pelindo 1 juga memberangkatkan 110 orang penumpang menggunakan kapal Dupai Express dengan rute yang sama.

Sebelumnya pada Selasa, 28 Mei 2019 Cabang Pelabuhan tanjung Pinang telah memberangkatkan 530 orang penumpang  via Kapal Sabuk Nusantara 48 dengan tujuan Selat Lempa – Bengkalis dan Sintete.

Sumber Pelindo 1, edit koranbumn

 

Check Also

MA Lantik Lima Calon Anggota BPK Periode 2019-2024

Mahkamah Agung (MA) akan melantik lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang sebelumnya telah menjalani serangkaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *