Home / Berita / Pelindo II Fasilitasi 23 Siswa Program SMN Wilayah Palangkaraya ke Palembang

Pelindo II Fasilitasi 23 Siswa Program SMN Wilayah Palangkaraya ke Palembang

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) kembali memfasilitasi kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Sebanyak 23 siswa terpilih asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah, diterima IPC Kantor Cabang Pelabuhan Palembang.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelabuhan Indonesia II/IPC Rizal Ariansyah menyebutkan, dari 23 siswa itu, tiga di antaranya merupakan siswa penyandang disabilitas (berkebutuhan khusus).

“Mereka didampingi 3 guru yang di antaranya juga penyandang disabilitas yang berprestasi,” katanya dalam pelepasan SMN di Museum Maritim Indonesia, Rabu (14/8/2019).

Di Palembang, para siswa tersebut mengikuti serangkaian acara bersama sejumlah institusi, seperti TNI Angkatan Laut, Kantor Berita Antara, dan TVRI. Mereka akan berada di Palembang mulai 15 hingga 22 Agustus 2019. Selama di Kota Pempek, mereka tinggal di rumah-rumah warga yang menjadi orangtua angkat.

Program SMN merupakan rangkaian kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri yang digagas Kementerian BUMN dengan tujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini kepada pelajar.

“Bagi IPC, kegiatan yang diselenggarakan rutin tahunan ini sekaligus merupakan implementasi program IPC Peduli Pendidikan,” kata Rizal.

Dia berharap para siswa dapat menularkan rasa bangga dan cinta Tanah Air kepada teman sejawat, baik di sekolah maupun di rumah. Selama kegiatan, peserta SMN 2019 akan mendapatkan materi Bela Negara dan Kebijakan Pertahanan Negara, yang difasilitasi oleh TNI AL.

Selain itu, mereka juga dibekali pelatihan jurnalistik oleh staf Kantor Berita Antara. Puncaknya, para peserta mengikuti upacara HUT RI pada 17 Agustus 2019 di halaman IPC Kantor Cabang Pelabuhan Palembang, di Boom Baru.

Melalui program ini para siswa dikenalkan pada keragaman budaya dan tradisi, serta melihat dari dekat kehidupan masyarakat di Palembang, yang berjarak ribuan kilometer dari tempat asalnya. Mereka juga diajak ke beberapa tempat menarik di Sumatra Selatan, seperti Jakabaring Sport City, Pulau Kemaro, serta pusat kerajinan songket khas Palembang.

“Intinya, kami ingin memupuk semangat cinta Tanah Air, termasuk melalui pengenalan keragaman tradisi dan budaya,” ujar Rizal.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Kembangkan Bisnis Kargo Udara, Pesawat Tanpa Awak Garuda Indonesia Masuk Proses Sertifikasi

Kementerian Perhubungan sedang memproses sertifikasi pesawat tanpa awak atau unmanned aircraft vehicle yang akan digunakan PT Garuda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *