Home / Berita / Pelindo IV Berangkatkan 20 peserta Program SMN Wilayah Provinsi Papua Barat ke Mamuju, Sulawesi Barat

Pelindo IV Berangkatkan 20 peserta Program SMN Wilayah Provinsi Papua Barat ke Mamuju, Sulawesi Barat

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) memberangkatkan sebanyak 20 peserta Program BUMN Hadir untuk Negeri, Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Papua Barat ke Mamuju, Sulawesi Barat.

Sebanyak 20 SMN itu dilepas keberangkatannya oleh General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Manokwari, Suparman bersama Gubernur Papua Barat yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Nico U. Tike serta dihadiri oleh seluruh perwakilan BUMN yang ada di Provinsi Papua Barat di Swissbell Hotel Manokwari, Selasa malam (13 Agustus 2019).

GM PT Pelindo IV Cabang Manokwari, Suparman mengatakan ke-20 siswa yang mengikuti Program BUMN Hadir untuk Negeri, Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan siswa-siswi berprestasi dari berbagai sekolah yang ada di Papua Barat.

“Selama kurang lebih 10 hari mereka akan berada di Sulawesi Barat untuk saling bertukar pengalaman seperti adat istiadat, pariwisata dan lain sebagainya,” ujar Suparman.

Melalui 20 peserta SMN, Papua Barat akan diperkenalkan tak hanya di Sulbar tetapi juga di Nusantara. Begitupun sebaliknya. “Dengan begitu, nilai ekonomi di Papua Barat akan meningkat.”

Sebelum diberangkatkan ke Sulbar, ke-20 SMN asal Papua Barat ini terlebih dahulu diserahkan kepada Kepala Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal Perang (Fasharkan) TNI AL Manokwari, Letkol Laut (T) Purwoko Hadijantono untuk dibina dan diberi pembekalan tentang etika, disiplin, mental, fisik dan wawasan kebangsaan di Markas TNI AL Manokwari.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Papua Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Nico U. Tike mengatakan bahwa kegiatan yang digagas oleh Kementerian BUMN ini cukup positif.

“Kegiatan ini sangat baik. Karena membimbing anak-anak Papua Barat yang berprestasi. Mereka akan membanggakan Papua Barat, serta lebih mengenal lagi Nusantara,” kata Nico.

Menurutnya lewat kegiatan SMN, dapat memacu anak-anak untuk berlomba-lomba mengejar prestasi. “Kegiatan Ini bisa menjadi contoh bagi anak-anak di Papua Barat, agar kedepannya bisa membanggakan orangtua, bangsa dan negara. Kepada PT Pelindo IV Cabang Manokwari, kami ucapkan terima kasih banyak atas support yang diberikan kepada Papua Barat dalam membangun lewat pendidikan. Kiranya kegiatan seperti ini menjadi kegiatan tahunan.”

SMN adalah program yang digagas Kementerian BUMN dan merupakan bagian dari “BUMN Hadir untuk Negeri” yang ditujukan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Peserta kegiatan adalah Pelajar SMA/SMK/SLB kelas XI dari sejumlah kabupaten dan kota yang ada di provinsi tersebut (1 orang dari setiap kabupaten/kota). Untuk Provinsi yang mempunyai kurang dari 18 kabupaten/kota, jumlah peserta minimal 20 siswa yang mewakili seluruh kabupaten/kota. Dari seluruh peserta yang dikirimkan, ditambah 3 orang yang merupakan siswa penyandang disabilitas dan bersekolah di SLB.

Siswa dari seluruh provinsi akan dikirimkan ke daerah lain selama satu minggu, yakni pada minggu ketiga atau keempat bulan Agustus tahun 2019, agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam provinsi lain, melalui sistem seleksi berdasarkan kriteria (persyaratan) yang telah ditetapkan. Peserta akan didampingi dari Dinas Pendidikan Provinsi yang ditunjuk (1 orang), Guru Teladan Tingkat Provinsi (2 orang) dan perwakilan BUMN PIC asal.

Di Manokwari, Papua Barat, Kementerian BUMN menunjuk PT Pelindo IV sebagai PIC dan  dan PT Sucofindo (Persero) sebagai Co PIC untuk semua kegiatan “BUMN Hadir untuk Negeri” di wilayah tersebut.

Sumber Pelindo IV, edit koranbumn

Check Also

Kembangkan Bisnis Kargo Udara, Pesawat Tanpa Awak Garuda Indonesia Masuk Proses Sertifikasi

Kementerian Perhubungan sedang memproses sertifikasi pesawat tanpa awak atau unmanned aircraft vehicle yang akan digunakan PT Garuda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *