Home / Berita / Pemerintah Membangun Layanan Digital dan Optimalkan Peran Lembaga Keuangan Syariah

Pemerintah Membangun Layanan Digital dan Optimalkan Peran Lembaga Keuangan Syariah

Indonesia masih memiliki pangsa pasar yang menjanjikan untuk calon jamaah yang berminat melaksanakan haji dan umrah di Tanah Suci.

Pasalnya, jumlah penduduk muslim di dunia pada tahun 2017 mencapai 1,8 miliar jiwa atau mencapai 24% dari populasi global. Adapun penduduk muslim di Indonesia mencapai 87% (215 juta jiwa) dari total penduduk Indonesia atau 13% dari penduduk dunia. “Untuk itu, Pemerintah terus mengoptimalkan peranannya dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution saat memberikan sambutan dalam Seminar Nasional memperingati Milad Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) ke-15, di Jakarta.

Salah satu kebijakan yang dijalankan adalah terkait Skema KPBU dalam rangka Revitalisasi Asrama Haji dan Pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT). Penerapan PP 59/2018 tentang jenis dan tarif PNBP Kementerian Agama pun turut membuka peluang kerja sama yang lebih luas bagi pelaku usaha di bidang usaha Haji dan Umrah.

Pemerintah juga tengah membangun layanan digital dan mengoptimalkan peran Lembaga Keuangan Syariah dalam penyelenggaraan ibadah Haji dan Umrah.

Sumber Menkoperekonoman, edit koranbumn

Check Also

Komitmen Garuda Indonesia Berdayakan SDM Berkebutuhan Khusus

Garuda Indonesia merencanakan penjajakan kerja sama pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) berkebutuhan khusus, yang nantinya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *