Home / Berita / Pemerintah Periksa Konstruksi Jalan Tol Kapal Betung, Sebelum Digunakan Musim Mudik Lebaran.

Pemerintah Periksa Konstruksi Jalan Tol Kapal Betung, Sebelum Digunakan Musim Mudik Lebaran.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) bakal melakukan pemeriksaaan terhadap progres konstruksi jalan tol Kayu Agung – Palembang – Betung atau Kapal Betung sebelum digunakan secara fungsional pada musim mudik Lebaran.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BPJT  Ranto Parlindungan Rajagukguk mengatakan pemeriksaan akan dilakukan pada Seksi I yang menghubungkan Kayu Agung dengan Jakabaring sejauh 33,5 kilometer. Dia menekankan, pemeriksaan perlu dilakukan agar kondisi jalan tol bisa dilalui dengan aman oleh pemudik.

“Kami akan cek ke lapangan dulu, jangan sampai mereka declare bisa digunakan ternyata belum bisa. Jadi jangan sampai tidak siap,” ujarnya di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Sebelumnya, PT Waskita Toll Road, induk dari PT Waskita Sriwijaya Tol melansir jalan tol Kapal Betung Seksi I bisa digunakan saat mudik lebaran yang jatuh pada akhir Mei 2019.

Corporate Secretary WTR, Alex Siwu mengatakan Waskita Sriwijaya Tol selaku pemegang konsesi tinggal menunggu uji layak operasi (ULO) sebelum jalan tol dioperasikan. “Kondisinya sudah bagus jadi seharusnya bisa fungsional. Nanti tinggal ULO [uji layak operasi] saja [sebelum diresmikan],” ujarnya.

Secara keseluruhan, ruas Kapal Betung memiliki panjang 111,69 kilometer dan terbagi menjadi tiga seksi. Berdasarkan data monitoring BPJT, progres pembebasan lahan telah mencapai 82,46 persen dan progres konstruksi  32,83 persen. Sementara itu, untuk seksi I, progres pembebasan lahan tercatat 93,59 persen dan progres konstruksi 60,34 persen.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

BTN Klaim Kinerja Memasuki Kuartal III/2019 Masih Solid

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mengklaim kinerja perseroan tetap solid memasuki kuartal III/2019. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *