Home / Berita / Pemesanan Sukuk Tabungan ST005 Sudah Tembus Rp1,08 Triliun

Pemesanan Sukuk Tabungan ST005 Sudah Tembus Rp1,08 Triliun

Pemesanan surat berharga negara (SBN) ritel ST005 menembus Rp1,08 triliun atau 54,44% dari target Rp2 triliun dengan batas waktu pemesanan hingga 21 Agustus 2019.

Dikutip dari laman Investree, Jumat (16/8/2019), pada 5  hari sisa masa penawaran ini penjualan instrumen bertenor 2 tahun itu telah mencapai lebih dari separuh target pemesanan yang ditetapkan Pemerintah.

Adapun, ST005 merupakan instrumen SBN ritel pertama yang dirilis pascapenurunan suku bunga acuan Bank Indonesia.

Seperti diketahui, Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan dari 6% menjadi 5,75% pada pekan terakhir Juli 2019 sebelum The Fed menurunkan suku bunganya. Oleh karena itu, tingkat kupon yang ditawarkan pun sebesar 7,4%.

Tingkat kupon ini menjadi tingkat kupon dasar sehingga bila Bank Indonesia kembali menurunkan suku bunga acuannya, investor tetap mendapat tingkat kupon yang sama.

Pemawaran ST005 merupakan penawaran SBN ritel yang ke-7 dari rencana 10 kesempatan penawaran di tahun ini. Adapun, hingga saat ini, Pemerintah telah mendapatkan Rp36,33 triliun dari penawaran enam instrumen SBN ritel.

Sebelumnya, Pemerintah menargetkan untuk meraup Rp60 triliun hingga Rp80 triliun dari penerbitan obligasi ritel pada tahun ini.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Menteri Rini M Soemarno Apresiasi Perkembangan Proyek yang Dikerjakan Krakatau Steel

Kunjungan Menteri BUMN Rini M. Soemarno kemarin masih membekas kepada insan Krakatau Steel. Menteri Rini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *