Home / Berita / Pemilu 2019 Tingggal 3 Hari Lagi, Tips Persiapkan Jelang Pencoblosan

Pemilu 2019 Tingggal 3 Hari Lagi, Tips Persiapkan Jelang Pencoblosan

Pemilu 2019 sudah tinggal menghitung hari hingga dilaksanakan 17 April 2019 mendatang.

Bagi Anda calon pemilih tentunya sudah mengetahui nama calon pilihan yang akan ditentukan di tempat pemungutan suara nantinya

Selain menentukan pilihan, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum ikut serta dalam pesta demokrasi dengan menggunakan hak pilih.

Berikut tips yang Anda bisa lakukan menurut Traveloka:

1. Cek jika nama Anda sudah tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2019. Tidak perlu repot ke kantor desa/kelurahan, cukup buka situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

2. Jangan lupa untuk mengenali para kandidat dan cari tahu lebih banyak soal rekam jejak mereka agar lebih yakin dalam memilih. Anda bisa melihat profil para calon wakil rakyat pada situs seperti pintarmemilih.id.

3. Atur sendiri jam yang sesuai untuk mencoblos. TPS buka cukup lama, dari 07.00 – 13.00 WIB. Pasang alarm jika perlu agar tak kesiangan.

4. Lebih pagi Anda pergi, lebih cepat pula Anda bisa menjalankan rencana long weekend lain. Menurut simulasi KPU, proses mencoblos memakan waktu 6 – 7 menit saja!

Lalu ketika hari Pemilu tiba memulai akhir pekan panjang, pastikan untuk memperhatikan hal-hal ini agar tugas sebagai warga negara bisa lancar terlaksana:

1. Jangan lupa membawa e-KTP dan formulir C6 alias surat undangan mencoblos, yang biasanya dikirim ke rumah pada H-3 Pemilu.

2. Kenali warna surat suara agar tidak keliru saat mencoblos:
– Surat suara Pilpres berwarna abu-abu

– Surat suara DPR berwarna kuning

– Surat suara DPD berwarna merah

– Surat suara DPRD Provinsi berwarna biru

– Surat suara DPRD Kabupaten/Kota berwarna hijau

Tata cara mencoblos agar sah:
– Untuk surat suara Pileg, Anda bisa mencoblos caleg pilihan di kolom nomor atau nama

– Untuk surat suara Pilpres, Anda harus mencoblos capres pilihan di bagian gambar, kolom nama, atau mana pun selama masih berada dalam kotak

3. Sudah menjadi tradisi bahwa banyak tempat menawarkan promo bagi orang-orang yang mencoblos. Kenapa tidak manfaatkan kelingking bertinta Anda dan jajal promo-promo tersebut?

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Presiden Jokowi Tetapkan Pengembangan Lima Destinasi Prioritas Bali Baru

Pemerintah sudah menetapkan 10 Bali Baru, yaitu Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Pulau Seribu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *