Home / Berita / Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pelindo IV dengan 11 Pimpinan Perguruan di Makassar Tentang Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pelindo IV dengan 11 Pimpinan Perguruan di Makassar Tentang Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Direktur SDM PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), M. Asyhari melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Tentang Program Magang Mahasiswa Bersertifikat dengan 11 pimpinan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Makassar, Selasa (12 Maret 2019).

Sebelas Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta tersebut yakni, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Muslim Indonesia Makassar, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Universitas Fajar, Universitas Bosowa, STIA LAN Makassar, Politeknik ATI Makassar, Politeknik Ujung Pandang, Universitas Muhammadiyah Makassar dan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Dalam sambutannya, Direktur SDM Pelindo IV mengatakan bahwa Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) merupakan program Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN yang menjadi strategic partner dalam melaksanakan dan mengembangkan kebijakan-kebijakan terkait Human Capital di BUMN.

“Sehingga, diharapkan BUMN dapat merespon perkembangan isu-isu Human Capital secara global dan meningkatkan kemampuan Human Capitalnya yang berujung pada peningkatan bisnis perusahaan,” kata Asyhari.

Menurutnya, Magang Mahasiswa Bersertifikasi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN (link and match universitas dengan industri).

“Juga merupakan komitmen FHCI untuk menjadi forum pembelajaran guna menghasilkan HC Indonesia yang berdaya saing global. Program ini terbuka untuk universitas di seluruh Nusantara yang memiliki program vokasi,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Musafir Pababbari menuturkan sudah seharusnya memang dunia pendidikan memiliki link and match dengan perkembangan industri dewasa ini. “Untuk itu, universitas khususnya UIN Alauddin akan mengkaji lagi mata kuliah yang relevan dengan dunia industri. Juga akan membuka wawasan untuk menyiapkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri,” imbuhnya.

Saat ini lanjut Prof. Musafir, UIN Alauddin tidak hanya memiliki fakultas yang berkaitan dengan Ilmu Agama Islam, tetapi juga sudah membuka fakultas yang berhubungan dengan sains dan ilmu pengetahuan lainnya, seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan fakultas lainnya.

Asyhari menambahkan, maksud dan tujuan diadakannya program ini yaitu, untuk pengayaan wawasan dan keterampilan untuk mempersiapkan mahasiswa masuk ke dunia kerja terutama dalam menghadapi persaingan global.

Bagi Perguruan Tinggi, program ini untuk kalibrasi link & match kurikulum serta silabus antara yang disampaikan di perguruan tinggi dengan yang dibutuhkan oleh industri.

Sedangkan bagi industri, program ini bermanfaat sebagai sumber rekrutasi karyawan sesuai kebutuhan, serta untuk meningkatkan company branding bagi perusahaan.

Sumber Pelindo IV, edit koranbumn

Check Also

Sarinah Dukung Eco Fashion Week 2019

Acara Eco Fashion Week 2019 resmi dibuka oleh Menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *