Home / Berita / Penebaran Bibit Ikan di Waduk Wonogiri, Kembalikan Keseimbangan Ekosistim

Penebaran Bibit Ikan di Waduk Wonogiri, Kembalikan Keseimbangan Ekosistim

Penebaran Bibit Ikan Patin di Waduk Wonogiri (Gajah Mungkur) sebagai upaya penambahan stok ikan tangkapan pada perairan umum yang dianggap telah mengalami krisis akibat penangkapan ikan atau tingkat pemanfaatan secara berlebihan, Kamis (27/6).

Adanya penggunaan branjang (jaring tarik yang berukuran kecil) oleh petani ikan mengakibatkan populasi ikan di Waduk Wonogiri menurun dari tahun ke tahun. Pasalnya, ikan berukuran kecil juga ikut tertangkap dan mempengaruhi perkembangan atau penambahan jumlah ikan di Waduk Wonogiri.

Dengan penambahan bibit ikan diharapkan dapat mengembalikan dan menyeimbangkan ekosistem akuatik.

Dalam kegiatan penebaran 100.000 bibit ikan Patin kali ini, PJT I melibatkan sejumlah instansi diantaranya PT. Indonesia Power, PDAM Wonogiri, Dinas Perikanan Wonogiri, Polres, Kodim, serta pihak akademisi dari UNS, dan kelompok nelayan.

Diharapkan restocking ikan di Waduk Wonogiri dapat memberikan manfaat dari sisi ekologi untuk mencegah terjadinya kelimpahan jasa renik (blooming), dari segi pelestarian lingkungan dengan menjaga kualitas air waduk, sekaligus dari sisi peningkatan ekonomi masyarakat sekitar utamanya petani ikan.

Sumber JTI, edit koranbumn

Check Also

Bank Mandiri Target Penyaluran KPR Tembus Rp45 Triliun

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. sepanjang tahun ini menargetkan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *