Home / Berita / Penetrasi Pasar Mancanegara, DAHANA Garap Peledakan Pelabuhan Terbesar Timor Leste

Penetrasi Pasar Mancanegara, DAHANA Garap Peledakan Pelabuhan Terbesar Timor Leste

PT DAHANA (Persero) melakukan first blasting di project kuari Tibar Bay Port Dili Timor Leste.  Hasilnya memuaskan dengan fragmentasi ekselen dan displacement sesuai alat angkut yang akan digunakan.  Hasil inipun mendapat apresiasi dari undangan yang hadir dalam acara seremoni peledakan perdana pada Jumat, 12 Juli 2019 di Tibar Dili yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan dan Dalam Negeri serta jajaran menteri Republik Demokratik Timor Leste, China Harbour Engineering Company dan stakeholders lainnya.

Peraih nobel perdamaian Timor Leste, Ramos Horta pun hadir diacara ini. Pembangunan infrastruktur di Timor Leste terus menggeliat seiring tekad pemerintahannya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara yang beribukota di Dili ini. Penampakan ibukota  Timor Leste ini kini mengalami perubahan luar biasa. Pembangunan di dalam ibu Kota Dili terlihat signifikan. Banyak bangunan kantor duta besar di daerah Pantai Kelapa. Kantor kementerian pun kini ada yang memiliki 12 lantai di Aitarak Laran.

Salah satu project besar infrastruktur yang sedang dilaksanakan adalah pembangunan pelabuhan terbesar Timor Leste di Tibar. Pembangunan pelabuhan dengan nama Tibar Bay Port di Dili yang sedang dikerjakan China Harbour Engineering Company itu bakal rampung pada 2022 dan diresmikan sebagai pelabuhan terbesar (Internasional) di Timor Leste untuk kegiatan bongkar muat peti kemas.  Sementara pelabuhan lama akan menjadi pelabuhan penumpang dan wisata.

Peluang ini pun ditangkap oleh BUMN yang bergerak di bidang bahan peledak, PT DAHANA (Persero). Perusahaan pelat merah yang berkantor pusat di Subang Jawa Barat ini mendapatkan kontrak untuk mensuplai bahan peledak dalam proses peledakan kuari untuk keperluan infrastruktur pelabuhan Tibar Bay.

PT DAHANA (Persero) menggandeng perusahaan lokal Incanto Weste Unipessoal LDA untuk project peledakan tersebut.  Kerjasama ini berbuah dengan ekspor bahan peledak DAHANA ke Timor Leste yang dikirim dalam tiga kali pengiriman.

Sumber DAHANA, edit koranbumn

Check Also

Simulasi Emergency Drill, Pertamina Aktifkan Organisasi Penanggulangan Keadaan Darurat Level Satu

Pertamina langsung mengaktifkan organisasi penanggulangan keadaan darurat (PKD) level satu. Hal ini dipicu oleh ilegal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *