Home / Berita / Peningkatan Signifikan Skor GCG Pelita Air Service

Peningkatan Signifikan Skor GCG Pelita Air Service

Assessment Good Corporate Governance (GCG) PT Pelita Air Service tahun 2018 ditutup dengan peningkatan signifikan skor GCG PAS menjadi 85.86 atau masuk ke dalam kualifikasi Sangat Baik. Pencapaian ini melengkapi tren positif perolehan skor GCG PAS dalam beberapa tahun terakhir dimana pada tahun sebelumnya hasil penilaian GCG PAS berada di angka 84.21 atau kategori Baik.

Untuk mengukur penerapan GCG dan dalam rangka memenuhi kewajiban perusahaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Negara BUMN No. PER-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara maupun anak perusahaannya, perusahaan wajib melaksanakan penilaian (assessment) penerapan GCG yang dilaksanakan secara berkala dua tahunan oleh Assessor Independen.

Menurut Corporate Secretary PT PAS Alicia Irzanova, tujuan assessment adalah untuk memperoleh gambaran mengenai kondisi penerapan GCG yang dikaitkan dengan best practice penerapan GCG serta mengidentifikasi area-area pengurusan perusahaan yang masih memerlukan upaya perbaikan/penyempurnaan (Area of Improvement).

“Area of Improvement (AoI) yang merupakan bentuk evaluasi serta rekomendasi dari Tim Assessor Jasatama Sinergi Manajemen (JSM) terbagi ke dalam enam aspek. Yaitu, Aspek Komitmen terhadap Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik Secara Berkelanjutan, Aspek Pemegang Saham, Aspek Dewan Komisaris, Aspek Direksi, Aspek Pengungkapan Informasi dan Transparasi dan Aspek lain-lain,” jelasnya.

Alicia menambahkan, pencapaian skor GCG tahun ini melengkapi tren positif skor GCG PT PAS selama dua tahun terakhir. Yaitu, pada tahun 2016, PT PAS memperoleh skor sebesar 81,70 dan 2017 meningkat menjadi 84,21.

sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

Dirut Pelindo IV Hadiri Rapat Persiapan Holding BUMN Maritim

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) bersama Direktur Operasi & Komersial Pelindo IV, Riman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *