Home / Berita / Penjelasan AP I Kecenderungan Turunnya Extra Flight Maskapai

Penjelasan AP I Kecenderungan Turunnya Extra Flight Maskapai

PT Angkasa Pura I menilai pengajuan penerbangan tambahan yang dilakukan maskapai pada masa angkutan Lebaran tahun ini cenderung menurun dibandingkan dengan tahun lalu.

Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan mengatakan, sepanjang masa angkutan Lebaran 2018, jumlah pengajuan mencapai 5.247 penerbangan tambahan untuk rute domestik maupun internasional. Namun, realisasi saat itu hanya 1.306 penerbangan atau sekitar 24,8%.

“Kalau dibandingkan dengan 2018, tahun ini mengalami penurunan permohonan extra flight. Hingga saat ini yang sudah masuk baru 1.565 slot,” kata Handy , awal pekan ini.

Dia menilai, realisasi penerbangan tambahan pada masa angkutan Lebaran tahun lalu menjadi bahan pertimbangan maskapai dalam menentukan pengajuan pada tahun ini. Di sisi lain, angka pengajuan juga menjadi lebih realistis.

Menurutnya, moda transportasi darat yang semakin memadai seperti jalan tol maupun kereta bisa menjadi alternatif masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik maupun balik. Pergeseran moda transportasi tersebut terjadi utamanya di wilayah Pulau Jawa.

Sebagai perbandingan, pengajuan penerbangan tambahan untuk Bandara Juanda di Surabaya pada Lebaran 2018 mencapai 1.598 slot, sedangkan pada tahun ini hanya 580 slot. Adapun, bandara tersebut menjadi pengajuan penerbangan tambahan terbanyak di antara bandara lain di bawah kelolaan AP I.

Pihaknya, dalam melakukan persiapan operasional bandara, juga akan menyesuaikan pada jumlah penerbangan tambahan. Hal tersebut akan memengaruhi waktu layanan atau operasional sebuah bandara.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Penataan Aset Negara, Jasa Tirta II Berharap Dapat Tingkatkan Pendapatan

Perum Jasa Tirta II merampungkan pembangunan hotel dan pusat pendidikan di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *