Home / Berita / Penurunan Penumpang Domestik, Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Buka Jalur Penerbangan ke China

Penurunan Penumpang Domestik, Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Buka Jalur Penerbangan ke China

Penumpang di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, menurun drastis pada momen mudik dan balik Lebaran 2019. Penurunan bahkan mencapai lebih dari 50 persen. Agar kondisi tersebut tak berlarut-larut, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo akan membuka jalur penerbangan Solo-China.

“Dalam waktu dekat akan kita buka rute dari Solo ke Tiongkok. Dari 13 kota yang potensial akhirnya mengerucut di satu kota, yaitu Kunming,” ujar General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Abdullah Usman di Solo, Jumat (14/6).

Menurut Usman, penerbangan ke China akan menggunakan maskapai Citilink. Kemungkinan akan menggunakan pesawat terbang 320 Neo. “Insya Allah Juli mulai beroperasi, saat ini tahapnya sedang minta slot time,” katanya.

Saat ini pihaknya sedang gencar mendorong rute penerbangan internasional seiring dengan rendahnya permintaan penerbangan domestik. “Saat arus mudik jumlah penumpang turun sampai 59 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, sedangkan saat arus balik turunnya 52 persen,” jelasnya.

Usman menambahkan, secara keseluruhan, selama arus mudik dan balik Lebaran terjadi penurunan jumlah penumpang dari 162.758 di tahun lalu turun menjadi 79.867 di tahun ini.

Penurunan jumlah penumpang sudah terjadi sebelum arus mudik. Dalam satu tahun ini ada 9 jalur penerbangan yang dicabut oleh Lion Air, beberapa di antaranya merupakan rute emas antara lain Banjarmasin, Palembang, Palangkaraya dan Balikpapan. “Harapan saya dengan dibukanya rute internasional ini bisa mendongkrak jumlah penumpang di Adi Soemarmo,” katanya.

Sumber Merdeka, edit koranbumn

Check Also

MA Lantik Lima Calon Anggota BPK Periode 2019-2024

Mahkamah Agung (MA) akan melantik lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang sebelumnya telah menjalani serangkaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *