Home / Berita / Perangkat Sistem Khusus untuk Pemilihan Umum eVoting Karya INTI

Perangkat Sistem Khusus untuk Pemilihan Umum eVoting Karya INTI

INTI sudah berinovasi perangkat sistem khusus untuk pemilihan umum secara elektronik (eVoting).Saat iniperangkat eVoting ini di pamerkan di Wahana Inovasi Indonesia Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Prosesnya terbagi menjadi tiga tahap. Pertama kita akan “Verifikasi KTP Elektronik” pemilih menggunakan basis aplikasi “Daftar Pemilih Tetap” dan INTI KTP Reader. Setelah tercatat “Hadir” sebagai pemilih, berikutnya pemilih akan lanjut ke tahap “Aktivasi Kartu Suara” menggunakan smartcard. Jika “Kartu Suara” telah aktif, maka pemilih bisa lanjut ke tahap “Bilik Suara” untuk “mencoblos” secara elektronik. Dalam hitungan detik, pemilih akan mendapat bukti “mencoblos” berupa “Kertas Audit” yang dapat menjadi bukti sinkronisasi data akumulasi suara secara elektronik dengan fisik “Kertas Audit”.

Apabila pemilihan sudah ditutup maka hasil perhitungan suara akan terakumulasi secara otomatis serta langsung dapat dicetak dan ditandatangani oleh panitia dan saksi. Lebih dalam informasi perangkat e-voting dapat datang ke booth NDHI di Wahana Inovasi Indonesia Lantai 3 PP-IPTEK.

Sumber INTI, edit koranbumn

Check Also

BTN Klaim Kinerja Memasuki Kuartal III/2019 Masih Solid

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mengklaim kinerja perseroan tetap solid memasuki kuartal III/2019. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *