Home / Berita / Perbandingan Biaya LRT Jabodebek dengan LRT Negara Lain

Perbandingan Biaya LRT Jabodebek dengan LRT Negara Lain

LRT Jabodebek dibangun dengan total biaya Rp20,752 triliun atau sebesar Rp467,08 miliar per km untuk fase satu ini. Jika ditambahkan dengan rolling stock oleh KAI, biaya akan mencapai Rp673 miliar/km. Biaya untuk pembangunan sepanjang 44.3 km tersebut meliputi lingkup pekerjaan jalur, pekerjaan stasiun, depo dan operation control center hingga pekerjaan fasilitas operasi dan trackwork.

Pembandingan Jumlah biaya pembangunan LRT Jabodebek jika dibandingkan biaya pembangunan LRT di negara lain yakni Kanada, total biaya pembangunan LRT Calgary, dengan tipe at grade, sepanjang 20 km sebesar Rp43,940 triliun. Selanjutnya di Uni Emirat Arab, total biaya pembangunan LRT Dubai sepanjang 76 km dengan tipe at grade dan elevated, sebesar Rp78,000 triliun. Kemudian di Filipina, total biaya pembangunan LRT Manila Line 7 sepanjang 23 km dengan tipe elevated, sebesar Rp20,790 triliun. Di Malaysia, total pembangunan LRT Kelana Jaya sepanjang 34.7 km, dengan tipe elevated dan at grade, sebesar Rp28,350 triliun. Sedangkan di Pakistan, total biaya pembangunan LRT Lahore sepanjang 27.1 km dengan tipe elevated, sebesar Rp21,600 triliun.

Bila dibandingkan dengan negara lain, biaya pembangunan LRT Jabodebek dengan tipe elevated ini termasuk kompetitif, apalagi LRT Jabodebek dibangun dengan teknologi terkini, dengan mendukung sistem operasi yang mampu mencapai otomasi level 3 atau GOA Level 3. Sehingga memungkinkan LRT Jabodebek bergerak otomatis tanpa masinis atau driverless.

sumber ADHI, edit koranbumn

Check Also

Jasa Marga Selenggarakan Pelatihan dan Pembekalan Bagi Milenial

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar pelatihan dan pembekalan bagi para kaum milenial melalui workshop …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *