Home / Berita / Performa 20 BUMN Telah Menjadi Perusahaan Terbuka Mampu Saingi BUMN Malaysia dan Singapura

Performa 20 BUMN Telah Menjadi Perusahaan Terbuka Mampu Saingi BUMN Malaysia dan Singapura

Performa 20 badan usaha milik negara (BUMN) yang telah menjadi perusahaan terbuka disebut sudah mampu menyaingi BUMN di negara tetangga seperti di Malaysia dan Singapura.

“Performa 20 BUMN ‘listed’ (Tbk) mampu menopang pertumbuhan ‘revenue’ (pendapatan) dan total aset yang cukup bersaing dibandingkan BUMN di Malaysia dan Singapura,” kata Managing Director Lembaga Management (LM) FEB UI Toto Pranoto dalam seminar bertajuk “Prospek BUMN di Tahun Politik” di Jakarta, Rabu (13/3).

Aset BUMN pada 2018 tercatat mencapai Rp8.092 triliun, tumbuh 12,23% dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp7.210 triliun.

Kinerja operasional BUMN secara agregat juga cukup memuaskan dilihat dari pertumbuhan ekuitas 2018 yang mencapai 4,16% di mana pada 2018 sebesar Rp2.479 triliun dan 2017 sebesar Rp2.380 triliun.

“Pada tahun tersebut (2018) untuk pertama kalinya mencatatkan kerugian RM6,3 miliar atau sekitar US$1,5 miliar (sekitar Rp21 triliun),” katanya.

Sementara itu, kinerja BUMN Singapura Temasek sepanjang 2018 masih relatif stabil dan bisnisnya terus meningkat.

“Kunci keberhasilan yang terlihat dari Temasek antara lain dipengaruhi portofolio yang terdiversifikasi di seluruh dunia; otonomi penuh pada model manajemen holding investasi; dan sudah memiliki talent manajemen yang baik,” ungkap Toto.

Sumber Bisnis/antara, edit koranbumn

Check Also

Manajemen & Redaksi KORANBUMN.com Mengucapkan Selamat Hari Jadi INDUSTRI SANDANG NUSANTARA Ke-19

Manajemen & Redaksi KORANBUMN.com Mengucapkan Selamat Hari Jadi INDUSTRI SANDANG NUSANTARA Ke-19 25 Mei 2000 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *