Home / Berita / Perhutani Kembangkan Wisata Alam Bubulak Ecotourism Melalui Kerjasama BKPH

Perhutani Kembangkan Wisata Alam Bubulak Ecotourism Melalui Kerjasama BKPH

Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya mengembangkan Wisata Rintisan Bubulak Ecotourismmelalui kerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sinar Rejeki di lokasi wisata alam Petak  5a Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cigalontang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Singaparna, KPH Tasikmalaya, atau secara administratif masuk Desa Sirnaputra Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.

Dengan pemandangan hamparan pohon pinus, Bubulak Ecotourism telah dilengkapi dengan fasilitas Camping Ground dan saung tempat beristirahat sehingga pengunjung bisa menikmati suasana alam dan perbukitan yang berada di sekitar  hutan, yang dapat membuat kita seperti melayang diatas awan.

Administratur  Perhutani KPH Tasikmalaya Dedi Supriadi mengatakan pengembangan wisata alam Bubulak Ecotourism memberi apresiasi atas kreativitas masyarakat sekitat lingkungan  hutan setempat, selain dapat menjaga kelesterarian hutan  juga mampu mengangkat potensi, sekaligus mendorong kesejahteraan melalui pengelolaan destinasi wisata.

Dedi menambahkan bahwa seiring semakin meningkatnya wisatawan yang  berkunjung ke lokasi tersebut maka Bubulak Ecotourism dikerjasamakan pengelolaanya bersama LMDH Sumber Rejeki  Desa Sirnaputra, dengan harapan masyarakat akan lebih maju dan sejahtera  juga turut meningkatkan perekonomiannya.

Ketua LMDH Sumber Rejeki Jalil Sutisna menyampaikan komitmennya untuk mendukung kegiatan masyarakat, sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat  sekaligus bentuk dukungan terhadap Perhutani Tasikmalaya untuk menjaga kelestarian hutan serta dukungan terhadap program Pemerintah Daerah khususnya di sektor wisata.

Salah satu pengunjung, Herlan asal Bandung  mengatakan sangat menikmati rimbunya  pohon pinus, hawa sejuk yang disertai lantunan suara serangga hutan (garengpong) yang membuat rasa  hati damai.

Herlan menambahkan bahwa Bubulak Ecotourism dapat dijadikan salah satu wisata unggulan di kabupaten Tasikmalaya, dikarenakan akses jalan menuju lokasi tersebut mudah dijangkau oleh kendaraan roda 2 dan 4, serta pemandangan yang mempesona  sangat baik dikunjungi untuk wisata keluarga.

Sumber Perhutani, edit koranbumn

Check Also

Pertamina Sepakat Beli Minyak Mentah Exxonmobil

PT Pertamina (Persero) sepakat menyerap minyak mentah (crude) jatah Exxonmobil hingga 650.000 barel dari lapangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *