Home / Berita / Perhutani Kembangkan Wisata Danau Buatan Situ Mustika Banjar

Perhutani Kembangkan Wisata Danau Buatan Situ Mustika Banjar

Di Kota Banjar, Jawa Barat, ada situ atau danau yang bisa membuat Anda betah dengan suasananya yang sejuk dan asri. Namanya Situ Mustika. Kawasan wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani ini memiliki luas sekitar 8,5 hektare, dengan 3,5 hektare berupa situ dan 5 hektare daratan.

Destinasi wisata danau buatan ini masih alami dan dikelilingi hutan lindung. Udaranya masih sejuk karena banyak pepohonan di sekitar kawasan.

Anda dapat melihat keindahan alam, hutan tanaman campuran, duduk santai di pulau yang berada di tengah danau, jalan-jalan mengelilingi danau, piknik, mendaki gunung, berperahu dan memancing. Kawasan ini juga biasa digunakan untuk kegiatan outbond dan penelitian. Di tengah situ terdapat pulau. Di pulau ini ada gazebo yang dapat digunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

Situ Mustika adalah destinasi wisata situ buatan yang terletak di tengah kota Banjar, Jawa Barat. Tepatnya di Desa Karang Panimbal, Kecamatan Purwaharja. Destinasi ini menawarkan suasana hutan yang sejuk serta panorama situ yang asri dan tenang di tengah kota. Di tengah-tengah situ terdapat pulau kecil yang terhubung oleh jembatan gantung. Tapi di pict kali ini adalah spot bangunan penginapan yang kekinian. Letaknya masih di daerah Situ Mustika. Foto by @vera_monica11,” tulis Instagram @genpijabar, dikutip Rabu (7/8/2019).

Situ Mustika dikenal sebagai tempat berkemah (camping ground). Kelompok Pramuka, pelajar, dan para pencinta alam biasa menggunakan tempat ini dalam agenda tahunannya. Objek wisata ini juga biasa digunakan berbagai komunitas untuk melakukan gathering atau outbound. Setiap tahun, Situ Mustika rutin melakukan kegiatan Ngarumat Mustika, yaitu pertunjukan seni daerah seperti calung, reog, ketoprak, ronggeng gunug, dan kuda lumping.

Pada akhir Desember 2018, tempat wisata ini meresmikan wajah barunya. Destinasi keluarga ini berganti nama menjadi Mustika Taman Anggrek. Selain dihiasi ratusan jenis anggrek, beberapa wahana permainan juga dihadirkan, seperti permainan air (Speedboat), Jembatan Gantung Pelangi, dan wahana istana balon untuk anak-anak. Ada juga rumah pohon, ayunan kayu, serta beberapa spot selfi.

Tak hanya itu, sekitar kawasan wisata juga akan dibangun Taman Madu. Berbagai jenis madu serta proses pembuatan madu secara alami akan dipajang di tempat tersebut. Selain bisa melihat proses terbentuknya madu, pengunjung juga bisa langsung membelinya. Area food court dengan ragam pilihan makanan dan minuman turut disediakan. Di sekitar danau juga akan dibangun resto yang lengkap dengan fasilitas hiburan live musik.

Destinasi ini dapat dicapai dari tiga arah. Jika Anda dari kota Ciamis, bisa melalui Jalan raya Ciamis – Banjar. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit. Sementara dari arah Jawa Tengah melalui jalan raya Cilacap – Ciamis dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari batas provinsi. Sedangkan dari arah Pangandaran dapat melalui jalan raya Pangandaran – Ciamis, masuk kota Banjar dan menggunakan Jalan Jenderal Soewarto sebelum tiba di Parungsari. Waktu tempuh Banjar – Pangandaran sekitar 2,5 jam.

Sumber Inewe, Perhutani Edit koranbumn

Check Also

MA Lantik Lima Calon Anggota BPK Periode 2019-2024

Mahkamah Agung (MA) akan melantik lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang sebelumnya telah menjalani serangkaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *