Home / Berita / Periska SI Selenggarakan Seminar Pencegahan Kanker Serviks dan Payudara

Periska SI Selenggarakan Seminar Pencegahan Kanker Serviks dan Payudara

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Dunia, Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PERISKA) PT Surveyor Indonesia (Persero) menggelar Seminar Pencegahan Kanker Serviks dan Payudara, bertajuk “Selamatkan Wanita Indonesia dari Kanker”. Kegiatan ini dihadiri oleh Pembina, Pengurus dan Ibu-Ibu anggota PERISKA yang terdiri dari istri karyawan, serta karyawati Surveyor Indonesia.

Seminar hasil kerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia ini dibuka oleh Ketua I PERISKA Deniwati Darwin. Dalam sambutannya Deniwati menekankan pentingnya pengetahuan akan penyakit kanker supaya para wanita dapat terhindar dari kematian karenanya. “Kita sering mendengar ungkapan bijak bahwa “Mencegah lebih baik daripada Mengobati. Oleh sebab itu marilah kita menyimak dengan seksama penjelasan tentang Pencegahan Kanker Payudara dan Serviks pada hari ini, agar kita bisa menjaga diri kita sendiri, keluarga kita dan masyarakat di sekitar kita dari penyakit kanker.” Ujar Deniwati.

Narasumber seminar yaitu dr. Miranda Rachelina dari Yayasan Kanker Indonesia memaparkan proses terbentuknya jaringan kanker dalam tubuh manusia, faktor resiko penyebab dan deteksi dini penyakit kanker. Seminar diselingi dengan sesi tanya jawab.

Para peserta seminar sangat antusias melontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar penyakit yang menjadi momok bagi kaum wanita ini. Data menyebutkan, bahwa setiap tahun muncul 500 hingga 600 pasien kanker payudara baru. Untuk penderita kanker serviks, jumlahnya juga sangat tinggi. Setiap tahun tidak kurang dari 15.000 kasus kanker serviks terjadi di Indonesia. Itu membuat kanker serviks disebut sebagai penyakit pembunuh wanita nomor 1 di Indonesia.

Usai Seminar dilakukan Tes Papsmear Gratis bagi para peserta yang telah mendaftar. ar. Pap smear adalah prosedur medis yang dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada serviks atau leher rahim wanita yang mengarah pada kanker serviks.

Sumber PTSI, edit koranbumn

Check Also

Pusri Beri Bantuan Korban Musibah Kebakaran Kertapati

Sebagai bentuk kepedulian terhadap musibah kebakaran yang menimpa warga Kelurahan Ogan Baru Kecamatan Kertapati, Pusri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *