Home / Berita / Perjanjian Kerja Sama Ditjen Pajak dengan 21 BUMN untuk Membina Pelaku UMKM

Perjanjian Kerja Sama Ditjen Pajak dengan 21 BUMN untuk Membina Pelaku UMKM

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk lebih berkembang. Adapun salah satu caranya dengan merilis program Business Development Services (BDS).

Hari ini, Ditjen Pajak melakukan perjanjian kerja sama dengan 21 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membina pelaku UMKM. Menurut Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan, program ini sebenarnya dirintis sejak 2015.

“Layanan BDS ini merupakan bagian dari strategi dari Ditjen Pajak untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan perpajakan sektor UMKM yang merupakan bagian penting dari ekonomi Indonesia,” ujarnya di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (30/4).

Dia menambahkan, nantinya 21 BUMN ini akan memberikan pelatihan terkait materi perpajakan, pembukuan, pencatatan, dan materi lainnya dalam program pembinaan UMKM yang dibina Ditjen Pajak.

“Dengan kerja sama ini, kami berharap pelaku UMKM akan tumbuh lebih pesat dan berdaya saing dengan kesadaran dan kepatuhan pajak yang tinggi,” jelas Robert.

Sebelum menggandeng 21 BUMN, menurut dia, pihaknya telah bekerja sama dengan Bank Himbara dan Telkom dalam membina UMKM. Diharapkan dengan adanya BUMN yang bergabung, program BDS akan semakin efektif.

Adapun 21 BUMN itu yakni Angkasa Pura I, Asuransi Kredit Indonesia, Dahana, Hutama Karya, Inalum, Jasa Raharja, PT KAI, Kimia Farma, Pegadaian, Pertamina, PLN, PT Pos, PT RNI, Semen Baturaja, Sucofindo, Surveyor Indonesia, Taspen, Waskita Karya, Jasa Tirta I, Jasa Tirta II, dan Perum Peruri.

“‎Semoga kerja sama ini merupakan awal yang baik dan betul-betul positif bagi para UMKM, Ditjen Pajak, dan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” imbuh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

Peruri Gelar Best Employee & Innovation Award 2019

Peruri menyelenggarakan malam penganugerahan/awarding night kepada penerima penghargaan dan pemenang Best Employee & Innovation Award …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *