Home / Berita / Pertama Kali Upacara HUT RI Diselenggarakan di Istana Pagaruyung

Pertama Kali Upacara HUT RI Diselenggarakan di Istana Pagaruyung

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan yang ke 73 Republik Indonesia, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) (BGR) menggelar Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia di depan Istana Baso Pagaruyung, Batusangkar, Sumatera Barat, Jumat (17/8). Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah.

Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisatan Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah. Selain itu, Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia juga diikuti oleh para peserta Siswa Mengenal Nusantara, siswa sekolah Batusangkar dan perwakilan BUMN yang ada di Sumatera Barat.

Usai Upacara Bendera Peringatan HUT Republik Indonesia, Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin menyampaikan sejumlah bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar kepada masyarakat Sumatera Barat secara simbolis antara lain pemberian beasiswa kepada siswa SD, SMP dan SMA, Bantuan pemberian elektrifikasi dan MCK, serta bedah rumah.

Melaui BUMN Hadir Untuk Negeri di Sumatera Barat ini, PTBA dan BGR menyampaikan beasiswa kepada 30 siswa tingkat SD, SMP, dan SMA di Kota Sawahlunto dan Kabupaten Solok Selatan. Selain itu, diberikan pula bantuan elektrifikasi untuk 100 rumah dan 100 MCK di, melakukan bedah rumah masyarakat sebanyak 10 rumah, serta bantuan penyediaan sarana air bersih.

Tak hanya itu, PTBA dan BGR juga melakukan perbaikan sarana prasarana Sekolah Dasar di SDN 29 Kecamatan Barangin, Sawahlunto dan SDN 03 Pekomna, Solok Selatan; Pembangunan Taman Baca di Rumah Kreatif Komplek Lapangan Segitiga Sawahlunto dan Taman Baca di Rumah Pintar, Solok Selatan; serta melakukan program padat karya pembangunan jalan setapak di Desa Rantih dan Sikabu Nagari Kubang, Sawahlunto.

Selain bantuan tersebut, diberikan juga bantuan pemberdayaan masyarakat untuk pembuatan Taman Toga kepada masyarakat Kelurahan Saringan, Barangin, Sawahlunto dan bantuan kegiatan usaha budidaya ikan tawar di Desa Rantih, serta bantuan pembangunan sarana dan prasaran umum untuk pembangunan WC Umum di Komplek Taman Lapangan Segitiga Sawahlunto dan pembangungan gedung pertemuan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Olahraga, Solok Selatan.

Aneka perlombaan dalam rangka peringatan kemerdekaan Republik Indonesia juga akan digelar di Kantor PTBA Unit Pertambangan Ombilin, Sawahlunto pada Jumat (17/8). Peserta lomba mulai dari anak-anak siswa Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak hingga dewasa. Beberapa perlombaan yang diselenggarakan di kantor PTBA yaitu Lomba Mengucap Pancasila untuk siswa Kelompo Bermain dan TK, Lomba Lagu Kebangsaan untuk siswa SD, Lomba Pionering membuat jembatan darurat untuk siswa SMP, Lomba Pionering membuat Menara pandang untuk siswa SMA, serta lomba menjahit bendera untuk kelompok ibu PKK.

Tak hanya itu, PTBA dan BGR juga menyelenggarakan Jalan Sehat dalam rangka peringatan HUT RI yang diselenggarakan di Sawahlunto pada Sabtu

(18/8) pagi. Jalan Sehat sejauh 5 km ini terbuka untuk seluruh masyarakat dengan rute dari Lapangan Segitiga PTBA – Kampung Teleng – Kelok 16 – DPRD – Gang III dan kembali lagi ke Lapangan Segitiga PTBA.

Pada acara Jalan Sehat ini, digelar pula lomba untuk memeriahkan HUT ke 73 Republik Indonesia, antara lain Lomba Senam Aerobik dan Lomba Mirip Pahlawan. Lomba ini diperuntukkan kepada masyarakat umum, pelajar, BUMN peserta jalan sehat, hingga pemerintah daerah Sawahlunto. Pada kegiatan Jalan Sehat ini juga disediakan kuliner khas Sawahlunto yang akan dibagikan gratis kepada para peserta Jalan Sehat.

Di hari yang sama juga digelar pameran UMKM Sawahlunto di Lapangan Segitiga Sawahlunto. Tak hanya itu, menyemarakkan peringatan HUT RI, digelar pula Pasar Murah di 2 lokasi di Kota Sawahlunto bekerja sama dengan Koramil Sawahlunto. Sebanyak 500 paket sembako bernilai Rp

100.000,- ini dijual dengan harga Rp 25.000,- per paket kepada masyarakat di Kecamatan Lembah Segar dan Kecamatan Barangin, Sawahlunto. Nantinya, hasil penjualan paket sembako ini akan disumbangkan untuk pembelian jam digital dan disalurkan ke masjid-masid di wilayah Ring I PTBA UPO.

Melalui berbagai kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan BUMN Hadir Untuk Negeri, PTBA dan BGR berharap masyarakat di Sumatera Barat dapat merasakan secara langsung manfaat BUMN di Indonesia. Tak hanya itu, melalui kegiatan ini diharapkan juga dapat membantu kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat.

Sumber Situs Web PTBA

Check Also

Pujasera di Rest Area Jagorawi Kompak Beralih Gunakan Tabung LPG Pink

Pertamina targetkan 65 tabung LPG (Liquefied Petroleoum Gas) Bright Gas akan digunakan oleh pengusaha kuliner …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *