Home / Berita / Pertamina Adakan Sosialisasi Digitalisasi Pemesanan Bahan Bakar dan Pelumas untuk TNI

Pertamina Adakan Sosialisasi Digitalisasi Pemesanan Bahan Bakar dan Pelumas untuk TNI

Pertamina menggelar Sosialisasi Program Digitalisasi Bahan Bakar Minyak dan Pelumas (BMP) melalui aplikasi Sistem Informasi Alokasi Pengiriman Produk (SIAPP) BMP TNI di Aula Gedung Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, pada (22-23/11/2018).

Kegitan ini dihadiri oleh Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono, Kepala Badan Pembekalan (Kababek) TNI Laksma Sapto Adi S.E, Vice President Financial Accounting & Reporting Pertamina Yelli Hesnety, serta Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Negara Indonesia (BNI) Adi Sulistyowati.

Selama dua hari, 304 peserta yang berasal dari Mabes TNI, BABEK TNI, TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dari seluruh Indonesia yang dibagi dalam dua gelombang mendapatkan pemaparan tentang program SIAPP.

Vice President Financial Accounting & Reporting Pertamina Yelli Hesneti menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan dalam rangka program digitalisasi BMP. Ia berharap, para peserta yang berasal dari jajaran TNI di semua lini mampu mengaplikasikan program SIAPP sehingga proses Pemesanan BBM lebih cepat dan akurat.

“SIAPP merupakan aplikasi web terkait penyaluran BMP agar alokasi hingga pemakaian BMP dapat termonitor dengan baik. Transaksi TNI terkait BMP sangat banyak dan memerlukan waktu untuk melakukan review secara manual. Karena itu, kita menyiapkan sistem ini untuk kemudahan dalam aspek penggunaan hingga pembayaran hingga semua data bisa terintegrasi,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono. “Dengan sosialisasi ini diharapkan fungsi kontrol dan perencanaan di TNI akan semakin rapi, bisa dilakukan lebih singkat, dan terkawal dengan baik,” tukasnya.

Aplikasi SIAPP dapat dibuka kapanpun dan dimanapun serta mempunyai User id yang terverifikasi sesuai tingkatan otorisasi. Oleh karena itu, data penyaluran secara komprehensif dapat diakses secara real time, baik oleh TNI dan Pertamina.

Sementara itu, Bank BNI akan mempersiapkan BMP Card TNI yang merupakan kartu berisi kuota BMP yang diberikan kepada anggota TNI dan Kemhan sebagai pengganti voucher BMP. Kartu ini terhubung dengan sistem dashboard yang akan memudahkan monitoring penggunaan BMP.

Seperti diketahui, TNI dan Pertamina telah bekerja sama di program ini sejak tahun 2017. Kemudian dilakukan tahap uji coba di MOR III Jakarta. SIAPP diharapkan bisa segera diaplikasikan secara merata di seluruh Indonesia dan bisa diberlakukan mulai 1 Januari 2019.

Sumber Pertamina

Check Also

Sinergi Tiga BUMN Kelola Pelabuhan Batu Ampar

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC tandatangani Perjanjian Induk tentang Penyiapan Kerja Sama Operasi Pengelolaan Pelabuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *