Home / Berita / Pertamina Bantu Wujudkan Kesejahteraan Nelayan melalui Pengembangan Potensi Sumber Daya Laut

Pertamina Bantu Wujudkan Kesejahteraan Nelayan melalui Pengembangan Potensi Sumber Daya Laut

Sebagai wujud implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) di wilayah Ring 1 Perusahaan, PT Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai pada tanggal 28 Agustus 2018 telah dilaksanakan serah terima : 1) keramba jaring apung Aquatec 4 (empat) kotak ukuran 3×3 m/kotak; 2) 1 (satu) buah freezer untuk penyimpan pakan ikan dengan kapasitas 450 liter dan 3) 1.000 ekor bibit ikan kerapu cantang, sebagai bagian dari program CSR kepada kelompok nelayan Tanjung Sari di Desa Kelan Kelurahan Tuban Kecamatan Kuta Kabupaten Badung.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Agus Sujatmoko selaku Operation Head DPPU Ngurah Rai, Ir. Joice Juliet Shopia Kay selaku Bidang Pengembangan Usaha Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), I Ketut Murdika Selaku Lurah Tuban,. dihadiri juga oleh FlipMas Indonesia dan Ngayah Bali yaitu Ibu Alfi Hermawati, Dr Pande Wayan Renawati, S.H, M.Si, Ima Yudha Perwira dan Yulianto Suteja serta Kelompok Nelayan Tanjung Sari penerima bantuan program Budidaya Ikan Karamba.

“ Kami menghimbau dan menekankan kepada para penerima manfaat, untuk memperhatikan hal teknis dalam pengelolaan bantuan, kelompok juga diharapkan mampu mempertanggungjawabkan bantuan yang telah diberikan dan secara berkelanjutan menggembangkan program budidaya ikan karamba di perairan pantai Kelan timur sehingga menambah penghasilan dan mampumendorong  masyarakat nelayan Desa Kelan untuk kembali bersemangat meningkatkan kesejahteraannya melalui potensi laut.” Ujar Agus Sujatmoko

Pada kesempatan yang sama, Lurah Tuban memberikan apresiasi kepada PT Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai atas realisasi bantuan yang diberikan kepada masyarakat Tuban, khususnya Kelompok Nelayan di Desa Kelan . Selain itu, Lurah Tuban  juga menekankan

kepada kelompok Nelayan yang menerima bantuan untuk memberikan laporan pertanggungjawaban terhadap bantuan yang telah diberikan, sehingga anggota kelompok bisa mengetahui perkembangan program dan Perusahaan pemberi bantuan juga dapat melakukan monitoring pelaksanaan program. Lurah Tuban juga berharap bantuan CSR yang diberikan tidak hannya untuk kelompok nelayan Tanjung Sari tetapi juga bisa merata ke Masyarakat lainnya di Kelurahan Tuban.

Selain itu, Bidang Pengembangan Usaha Perikanan KKP juga menambahkan  bahwa pentingnya sinergitas antara BUMN, Pemerintah dan Masyarakat untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam khususnya perikanan di wilayah Pantai Kelan Kelurahan Tuban. Setelah mendengarkan himbauan dan arahan dari berbagai pihak stakeholder yang datang menghadiri acara serah terima bantuan CSR PT Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai tersebut, acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Keramba Jaring Apung (KJA), 1 (satu) set freezer 450 liter dan 1000 ekor bibit ikan kerapu sebagaimana telah disebutkan di atas.

Adanya program CSR Budidaya Ikan Keramba diharapkan mampu membantu masyarakat nelayan dalam mengembangkan potensi alam dan ekonomi sebagai wujud sinergi dan komitmen antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat.

Sumber Situs Web PERTAMINA

Check Also

Pujasera di Rest Area Jagorawi Kompak Beralih Gunakan Tabung LPG Pink

Pertamina targetkan 65 tabung LPG (Liquefied Petroleoum Gas) Bright Gas akan digunakan oleh pengusaha kuliner …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *